Sabtu, 13 Mei 2017

Panen Bawang Merah Meningkat Gunakan Pupuk Organik

JEPON – Petani di Desa Kemiri, Kecamatan Jepon, Blora, mulai memanen bawang merah, kemarin. Tanaman itu menggunakan pupuk organik.
Hasil panen pun meningkat 30 persen dibanding panen-panen sebelumnya. Warsi (45), salah seorang petani yang dijumpai di lahan bengkok desa yang ditanami bawang merah menuturkan, panen kali ini mengalami peningkatan hingga dua ton per hektare.
‘’Panen kedua kali ini mengalami peningkatan cukup bagus. Hal ini berkat digunakannya pupuk organik.
Satu hektare yang sebelumnya menghasilkan 6 ton bawang merah, kini naik jadi 8 ton,’’ katanya. Tak hanya itu, lanjut dia, bawang yang dihasilkan juga lebih besar. ‘’Alhamdulillah cukup memuaskan,’’ujarnya.
Pemupukan Teratur
Menurutnya, tak hanya panen yang melimpah, harga bawang merah yang naik juga membuat para petani senang dan mendapatkan hasil cukup bagus. ‘’Saat panen pertama, harga bawang merah yang kecil sekitar Rp 25 ribu/kg dan yang besar Rp 30 ribu.
Namun panen kali ini, bawang yang besar Rp 40 ribu/kg.’’ Selamet (47), petani lainnya mengemukakan, hasil panen bawang merah kali ini cukup bagus dan tidak ada hama yang menyerang. Dia merasa yakin, hal itu disebabkan tanamannya menggunakan pupuk organik.
‘’Cuaca yang bagus dan pemupukan yang teratur membuat hasil panen meningkat,’’katanya. Dia mengaku tidak kesulitan menjual hasil panen. Sebab, cukup banyak tengkulak yang datang untuk membeli bawang merah tersebut.
‘’Saat panen seperti ini pengepul biasanya datang ke sini dan nanti disalurkan ke pasar-pasar tradisional di Blora dan sekitarnya,’’ ujarnya. Kepala Desa Kemiri Sutrisno mangatakan, dengan hasil panen bawang merah yang begitu melimpah, pemerintah desa turut bangga.
‘’Tentu ini sangat membanggakan bagi pemerintah desa terlebih Desa Kemiri menjadi salah satu desa percontohan pengolahan lahan pertanian di Kabupaten Blora. Ini menjadi salah satu bukti keberhasilan petani di desa ini,’’tandasnya.


Sumber Berita :  http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/panen-bawang-merah-meningkat-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar