Sabtu, 06 Mei 2017

Pelelangan Ikan Andalkan Kapal Penampung

PATI – Untuk memenuhi kebutuhan ikan laut pelaksanaan lelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit II Juwana, Pati saat ini mengandalkan peran kapal penampung.
Kapal penangkap saat ini masih bertahan untuk melakukan penangkapan di laut hingga Laut Arafuru.
TPI Unit II setiap harinya rata-rata hanya ada lima kapal penampung yang membawa muatan ikan dari kapal penangkap dengan berat total maksimal hanya 15 ton.
Menurunnya jumlah tangkapan diakui oleh Kepala TPI Unit II Juwana Riyanta sejak Januari lalu. Cuaca disebut-sebut menjadi faktor utama penyebab penurunan jumlah tangkapan.
Optimistis Tercapai
Jika kapal penangkap harus membawanya pulang untuk dilelangkan, biaya yang dikeluarkan tidak imbang. “Sehingga pola ikan hasil tangkapan dijemput kapal penampung merupakan solusi yang tepat,” kata Riyanta.
Kapal-kapal penangkap tersebut baru akan mendarat dua atau sepekan menjelang Lebaran pada Juni mendatang. ‘“Pada Juni biasanya ikan hasil tangkapan bary bisa maksimal.
Namun bulan berikutnya antara Juli hingga Agustus kembali menurun,” jelasnya. Kendati mengalami penurunan, masih kata Riyanta, target setoran nilai transaksi masih berlebih sehingga target dari retribusi lelang dalam satu tahun sebesar Rp 5,5 miliar optimistis bisa tercapai.
Meski jumlah tangkapan tidak maksimal, namun dari sisi harga cukup bagus. Hal itu sangat mempengaruhi pencapaian nilai transaksi sehingga setoran retribusi lelang ke kas daerah tetap bisa maksimal. Di sisi lain, sampai saat ini pihaknya masih mempertahan lelang sistem terbuka dan tertutup.
Khusus yang disebut terakhir juga dikenal dengan lelang tarif, karena transaksi terjadi antara bakul dan pemilik kapal. Namun bila terjadi kemacetan atau tunggakan pembayaran pihaknya tidak bertanggung jawab.
Selain itu, saat ini juga tengah digagas upaya melelangkan ikan yang tidak menyita banyak tempat maupun tenaga, yaitu lelang sampel. “‘Tapi itu baru gagasan, sehingga harus dikaji secara mendalam, agar nanti benarbenar bisa lebih efektif dalam pelaksanaan.,” pungkasnya. 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pelelangan-ikan-andalkan-kapal-penampung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar