Senin, 08 Mei 2017

Pembangunan Pasar Ini Dilanjutkan, Tahap Dua Telan Rp 9,5 Miliar

PATI-TAYU – Untuk meningkatkan kenyamanan para pedagang dan pembeli, pembangunan Pasar Tayu tahap kedua akan dilaksanakan pada tahun ini. Anggaran pembangunan untuk los dalam pasar ini mencapai Rp 9,5 milyar. Dengan pembangunan tahap kedua tersebut, diharapkan agar di akhir tahun 2017 ini semua pedagang bisa menempati los masing-masing.
Riyoso, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Pati mengatakan, para pedagang yang sebelumnya berjualan di sekitar pasar kini sudah dipindahkan ke dalam pasar. Sehingga kondisi lingkungan di sekitar Pasar Tayu sekarang sudah lebih bersih dan nyaman. Sedangkan bagi para PKL yang biasanya berjualan di jalan depan pasar, kini sudah dipindah di halaman parkir Pasar Tayu sebelah Selatan.
”Sekitar 450 pedagang di Pasar Tayu sudah menempati los masing-masing. Pedagang yang dipindah ke dalam ini diprioritaskan yang terkena dampak kebakaran beberapa waktu lalu. Jika proses pembangunan tahap kedua sudah selesai, pedagang lainnya bisa menempati los yang disediakan,” ungkap Riyoso kemarin
Riyoso menambahkan, pembangunan pasar yang di desain dengan tipe kelas A itu secepat mungkin akan dilanjutkan. Pembangunan pasar tahap pertama pada tahun 2016 lalu dianggarkan dari APBD Pati sebesar Rp 16,5 miliar. Sedangkan tahap kedua ini mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencapai Rp 9,5 miliar. Pembangunan tersebut difokuskan pada los pasar bagian belakang serta fasilitas lainnya.
”Selain pembangunan los, kantor pasar, kami juga merencanakan beberapa fasilitas penting seperti jalur evakuasi untuk pedagang dan hydran di sejumlah titik pasar. Ini untuk mengantisipasi agar ketika ada musibah kebakaran bisa diatasi dengan cepat,” ujarnya.
Sumiati, salah satu pedagang asal Desa Sambiroto mengaku, sangat bergembira karena bisa menempati pasar baru yang kondisinya sangat bersih dan kokoh. Jauh berbeda dengan kondisi pasar setelah kebakaran. ”Pasar yang lama dulu atapnya bocor, lantainya juga becek. Sekarang pasarnya sudah bersih, bagus, dan bangunannya juga bagus,” terangnya.

Sumber Berita : https://www.patikab.go.id/v2/id/2017/05/08/pembangunan-pasar-ini-dilanjutkan-tahap-dua-telan-/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar