Senin, 08 Mei 2017

Pemeliharaan Rutin Jadi Prioritas Strategi Atasi Kerusakan Jalan

KUDUS – Kerusakan jalan di Kabupaten Kudus sudah semakin berkurang dalam beberapa tahun terakhir.
Meskipun mengakui, sulit untuk mencapai nol kerusakan pada akses penghubung, setidaknya potensi kerusakan dapat diminimalkan. Strategi yang dijalankan saat sekarang yakni dengan memperkuat pemeliharaan rutin.
Kadinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sam’ani Intakoris menyatakan, bila kerusakan jalan tidak terlalu berat, pemeliharaan rutin akan menjadi solusi ampuh untuk percepatan penanganan.
Pasalnya, kegiatan tersebut jauh lebih singkat dapat dikerjakan dibandingkan menggelar proyek publik.
”Pelaksanaan dapat digelar sewaktu-waktu,” katanya. Sebenarnya, mekanisme perbaikan jalan seperti itu bukan tanpa pertanggungjawaban.
Pembelian sejumlah material dan biaya operasional tentu dapat dipertanggungjawabkan. ”Dengan kondisi seperti sekarang ini, respon cepat penanganan kerusakan jalan dapat melalui pemeliharaan rutin,” jelasnya.
Prioritas
Diakuinya, hal tersebut memang tidak dapat dilakukan pada kondisi jalan yang kondisinya sangat rusak parah. Proyek publik berupa perbaikan jalan akan menangani persoalan tersebut secara lebih komprehensif.
”Proyek perbaikan jalan tetap tidak dapat ditinggalkan,” imbuhnya. Hingga saat ini jalan berkategori rusak berat di Kabupaten Kudus masih sepanjang 54,494 kilometer.
Meskipun kerusakan mengalami peningkatan saat musim penghujan ini, dibandingkan periode yang sama tahun lalu mencapai 130,2 kilometer.
Panjang akses jalan yang rusak berat diupayakan dikurangi setiap tahunnya dengan menyesuaikan kemampuan keuangan Pemkab Kudus serta mempertimbangkan penanganan berskala prioritas.
Cuaca ekstrem akhir-akhir ini mengakibatkan peningkatan kerusakan jalan mencapai 40 persen dibandingkan kondisi normal. Hal itu dipicu cuaca ekstrem berupa hujan deras yang berlangsung selama beberapa pekan terakhir. 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pemeliharaan-rutin-jadi-prioritas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar