Kamis, 18 Mei 2017

Pengawasan Keamanan Pantura Timur Diperketat Terutama Di Pusat Perekonomian

KUDUS – Kepolisian Resort Kudus dalam beberapa hari terakhir meningkatkan pengawasan keamanan di wilayahnya. Hal itu terutama ditujukan pada sejumlah pusat perekonomian.
Upaya aparat dilakukan dalam mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang diprediksi akan mengalami grafik peningkatan menjelang puasa dan Lebaran tahun ini. Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengemukakan hal itu kepada Suara Merdeka, kemarin.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, petugas sudah mempersiapkan serangkaian skenario untuk pengamanan wilayah. Polres Kudus menyatakan siap all out dalam pengamanan puasa dan Lebaran tahun ini. Upaya serupa sebenarnya sudah dilakukan, hanya saja saat ini ditingkatkan frekuensi dan sebaran lokasinya.
”Kami akan mengoptimalkan potensi personel yang kami miliki untuk pengamanan Lebaran,” katanya. Menurut dia, pengamatan tidak hanya ditujukan ke pusat publik, seperti pasar atau perbelanjaan saja.
Anggota juga sudah mensurvei jalur mudik utama Pantura Timur mulai dari perbatasan Demak-Kudus hingga Kudus-Pati. ”Jalan sepanjang 25 kilometer sudah kami cek dan kondisinya memang sudah baik,” paparnya.
Rutin
Mengenai pengamanan di kota, sebenarnya sudah disiapkan skenario rutin. Namun begitu, menghadapi Lebaran pihaknya meningkatkan frekuensi patroli. Tidak hanya personel, sarana pendukung seperti kendaraan roda dua trail juga sudah disiapkan.
Setiap hari, belasan motor maupun sepeda kayuh diterjunkan di sejumlah lokasi untuk melihat kondisi lapangan. Potensi gangguan kriminalitas tetap diwaspadai. Namun begitu, kelancaran arus lalu lintas juga tetap menjadi perhatiannya.
Bahkan, aksi-aksi kejahatan yang mungkin muncul selama penyelenggaraan arus mudik dan balik, seperti bajing luncat juga diwaspadai. Jalur-jalur yang dimungkinkan terjadi aksi seperti itu selalu dipantau melalui patroli secara periodik.
Terkait penindakan kepada pelaku kejahatan, dia menyatakan secara prosedur tetap dilakukan. Artinya, bila menghadapi pelaku kejahatan yang dianggap mengancam keselamatan warga dan juga anggota, pihaknya tidak segan untuk bersikap tegas. 


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pengawasan-keamanan-pantura-timur-diperketat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar