Rabu, 31 Mei 2017

RSUD RAA Soewondo Gelar Penyuluhan Kesehatan Jantung

PATI=Selasa, 18 April 2017 di ruang tunggu Rawat Jalan RSUD RAA Soewondo Pati telah dilaksanakan Penyuluhan Kesehatan tentang “Penyakit Jantung Koroner dan Serangan Jantung” oleh Dr.Mustika Mahbubi, SpJP, FIHA. Dalam penyuluhan tersebut dijelaskan tentang Apa itu serangan Jantung, Bagaimana gejalanya, Apa saja jenisnya, Faktor penyebabnya, serta Bagaimana pengobatan dan pencegahannya.
Kegiatan penyuluhan di ruang tunggu pasien rawat jalan ini dilaksanakan berdasarkan program kerja Tim PKRS RSUD RAA Soewondo Pati. Penyuluhan ini dilaksanakan 4 kali dalam 1 bulan dan diantaranya yaitu dengan mengambil tema yang bertujuan untuk memberi pengetahuan dan kesadaran masyarakat / pasien / pengunjung RSUD RAA Soewondo Pati agar pasien dapat melakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).
Sekilas dengan apa itu serangan Jantung oleh Dr.Mustika Mahbubi, SpJP, FIHA, serangan jantung ialah:
  • Terjadinya sumbatan pada pembuluh darah jantung (koroner) oleh timbunan kolesterol atau gumpalan darah (trombus) yang terjadi mendadak dengan tanda nyeri pada dada.
  • Penyebab utama serangan jantung adalah penyakit jantung koroner
  • Pasokan darah dan oksigen yang kurang bisa menyebabkan terjadi serangan jantung
  • Di beberapa daerah disebut angin duduk

Penyuluhan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya promosi kesehatan kepada masyarakat sehingga pengetahuan masyarakat meningkat dan mampu menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah atau mangantisipasi serangan jantung dengan beberapa pola dari pola makan, pola berolahraga, dan pola hidup. Semoga penyuluhan kesehatan ini bermanfaat bagi pasien pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Sumber Berita : https://www.patikab.go.id/v2/id/2017/05/31/penyuluhan-kesehatan-masyarakat-tentang-kesehatan-/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar