Senin, 22 Mei 2017

Santunan Kematian Keluarga Miskin Hanya Ada Di Pati

Penyerahan bantuan santunan keluarga miskin di Kabupaten Pati merupakan program Bupati yang sudah berjalan seajk tahun lalu. Santunan kematian ini diberikan khusus pada ahli waris atau keluarga miskin.
Sehubungan hal itu, Bupati Haryanto ketika diwawancara mengungkapkan, bantuan santunan kematian merupakan program lama yang lebih disederhanakan proses realisasinya, karena kebutuhan hanya diberikan pada keluarga yang tidak mampu, disamping itu tidak melalui pengajuan proposal, melainakn cukup menggunakan surat kematian.
“Ini program lama yang kami sederhanakan prosesnya. Kebutuhan untuk warga  miskin bukan seluruah warga Kabupaten Pati, namun prioritas warga tidak mampu. Yang semula rekening itu semual rekening pribadi ahli waris, namun yang penting rekening itu dari keluarga yang bisa dipertanggugjawabkan. Dulu pakai proposal, namun sekarang hanya surat kematian, kita permudah, kasihan masyarakat karena ini membutuhkan pelayanan cepat dan tepat sasaran,” terangnya.
Lebih lanjut Bupati Pati, Haryanto menuturkan, program ini untuk kepentingan dan meringankan beban masyarakat miskin melalui Jamkesda, santunan warga disabilitas, termasuk program bantuan bencana alam guna peningkatan ekonomi masyarakat miskin.

“Meringankan masyarakat miskin itu ada Jamkesda, santunan disabilitas, disamping dibiayai dari dinas sosial dan propvinsi juga dari baznas, agar berkoordinasi memberikan program-program kepada disabilitas penyandang cacat dan lain-lain yang bisa membantu utnuk kepentingan sesaat dan ekonomi,” ungkap Haryanto.

Bantuan santunan kematian keluarga miskin hanya bagi penduduk miskin dan tidak mampu di Kabupaten Pati, untuk tahun 2017 dianggarkan sebesar Rp. 1 milyar yang dibebankan dari APBD Kabupaten Pati.
Bantuan santunan kematian keluarga miskin tidak semua kabupaten di Jateng mengadakan program itu, ada kabupaten lain yang melakukan kunjungan kerja (kunker) yakni Kabupaten Padanpanjang, Sumatera Barat melakukan studi banding tentang program ini.

Sumber Berita :  https://www.patikab.go.id/v2/id/2017/05/22/santunan-kematian-keluarga-miskin-hanya-ada-di-pat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar