Cari Blog Ini

Senin, 08 Mei 2017

Susi Sesalkan Politisasi Larangan Cantrang

JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyesalkan pihakpihak yang mempolitisasi pelarangan alat tangkap cantrang. Padahal, kebijakan larangan menangkap ikan menggunakan cantrang itu dibuat untuk menyejahterakan nelayan dan menjaga sumber daya kelautan.
Dia meminta politikus tidak mempolitisasi pelarangan alat tangkap cantrang. ’’Ini urusan kedaulatan pangan dan kekayaan alam Indonesia. Kalau ini berantakan hanya karena politisasi, kasihan masyarakat,’’ kata Susi di Jakarta, Minggu (7/5).
Jika ada pihak yang tak setuju dengan kebijakan tersebut, menurut Susi, diharapkan menyampaikan protes lewat jalur-jalur resmi. Jangan menggulirkan isu yang mengaburkan fakta, membuat gaduh, dan menghabiskan energi. ’’Politikus seharusnya bersikap negarawan, berpikir untuk jangka panjang, bukan untuk kepentingan jangka pendek saja,’’ tandasnya.
Menteri Perikanan ini mengakui hanya lulusan SMP, bodoh, tetapi berpikir jauh ke depan. ’’Orang yang pintar, punya kuasa, tapi malah sebaliknya,’’ sindir dia.
Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga Ketua Dewan Pembina DPN Gerbang Tani, Muhaimin Iskandar, mengkritik kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dinilai menyusahkan nelayan. Muhaimin mendesak pemerintah mengevaluasi larangan penggunaan cantrang oleh nelayan tradisional. Larangan itu dinilai merugikan nelayan sehingga berdampak negatif pada hasil tangkapan nelayan di kawasan Pantura.
Menanggapi serangan balik dari Susi, Muhaimin Iskandar meminta Susi untuk berdialog langsung dengan nelayan. Cantrang adalah alat penangkapan ikan yang masuk dalam kelompok pukat tarik berkapal (boat or vessel seines). Cantrang bersifat aktif dioperasikan menggunakan kapal motor. Larangan penggunaan cantrang terdapat dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2/2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawl) dan Pukat Tarik (Seinen Nets). Sikap Muhaimin terhadap larangan alat tangkap cantrang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo, yang berjanji akan mencarikan solusi.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/susi-sesalkan-politisasi-larangan-cantrang/