Selasa, 02 Mei 2017

Varietas Cabai Baru Asal Pati Cari Orang Tua Asuh

PATI – Varietas Cabai Baru Asal Pati – Perorangan dari lokal hingga Karesidenan Pati, bahkan Jawa Timur dan Jakarta datang ke kantor Arpusda Pati. Mereka datang untuk ikuti cara budidaya cabai malehnong (maleh ning Winong/berubah di Desa Winong) yang diselenggarakan gage go organik (3G O), Minggu (30/4) kemarin.

Pencarian orang tua asuh cabai malihnong, dikarenakan penemu, yakni Mbah Minto warga Desa Winong Kecamatan Pati, sudah berusia lanjut dan membutuhkan penerus untuk mengembangkan cabai malehnong.
Cabai yang membutuhkan waktu 8 tahun penelitian tersebut memiliki banyak keunggulan, mulai dari rasa sangat pedas hingga memiliki nilai estetika, karena bergerombol menyerupai bunga berwarna merah segar. Kendati demikian varietas cabai baru itu belum mendapat apresiasi dari pihak manapun, termasuk pemerintah daerah. Oleh karena itu, komunitas 3G O mengapresianya dalam bentuk workshop.

“Maka kami 3G O yang mengapresiasi. Dan Mbah Minto ini mencari orang tua asuh untuk cabainya karena merasa sudah tua, ilmunya belum ada yang meneruskan, jadi perserta ini yang menjadi orang tua asuhnya,” terang Eny Prasetyo, Panitia Workshop.

Menurut Eny, cabai malehnong memiliki manfaat ekonomi tinggi, karena selain menunjang kebutuhan konsumsi keluarga, cabai yang berbuah dengan bergerombol itu menghemat biaya petik. Berbeda dengan cabai biasa yang  berbuah tidak bergerombol yang tentunya membutuhkan waktu lama pemetikan.

“Tidak satu-satu, mengirit biaya pemetikan, cabai juga  punya nilai estetika karena cabainya indah. Kemarin  dari Mbah Minto ada cabai yang bentuknya bagus, ditawar hingga Rp. 500 ribu untuk satu tanaman,” tambah Eny.
Sementara itu, bidang seksi Bintek dan Informasi Balai Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Soropadan Semarang, Sutiyono mengaku jika cabai malehnong merupaakan varietas baru di Jateng. Menurutnya tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit tersebut semoga menjadi solusi bagi petani cabai.
“Petani meningkat pengahasilannya. Otomatis kalau ini bagus, saya menginformasikan kepada masyarakat, jadi jangkauannya tidak hanya di Pati saja. Saya datang kesini untuk melihat,” terang Sutiyono.

Sumber Berita : http://wartapati.com/info-pati/varietas-cabai-baru-asal-pati-cari-orang-tua-asuh/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar