Minggu, 14 Mei 2017

Waspadai Penyakit yang Ditimbulkan dari Sampah

JUWANA – Kesadaran warga untuk membuang sampah di tempatnya tampaknya masih banyak yang belum tumbuh. Di beberapa wilayah di Pati tampak masih saja ada orang yang membuang sampah sembarangan. Padahal hal ini menjadi salah satu sumber penyakit dan sejumlah masalah lain jika tidak dibuang pada tempatnya.
Menyikapi permasalahn tersebut Setiyo Riyanto, kepala Puskesmas Juwana angkat bicara. Ia mengakui, jika sampah menjadi persoalan terlebih jika dibunag sembarangan. Mengingat, tumpukan sampah masih banyak menghiasi di beberapa tepi jalan raya.
”Banyak macam sampah seperti sampah organik dan anorganik. Kemudian ada limbah pabrik dan medis. Semuanya perlu pengelolaan. Untuk kasus sampah rumah tangga bisa jadi persoalan kalau dibuang sembarangan,” ucapnya kemarin.
Sampah anorganik seperti plastik, jika dibuang sembarangan bisa sebabkan masalah. Hal ini bisa menjadi lingkungan, dari baunya yang menyengat. Terlebih karena sampah jenis ini tidak bisa terurai. ”Yang pasti akan berserakan, mengganggu estetika. Jika dibuang di sungai dapat sebabkan banjir juga,” ucapnya.
Sementara itu, sampah organik juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Diakunya, pembusukan sampah organik dapat sebabkan gangguan kesehatan manusia. ”Sumber penyakit jika sampah organik tak diolah. Bisa jadi sarang lalat, yang bisa mempermudah penularan penyakit. Seperti diare dan tifus,” paparnya.
Selain itu, perilaku membakar sampah juga tidak dianjurkan. Asap pembakaran dapat sebabkan pencemaran udara. ”Kalau dibakar, dan mengotori udara bisa sebabkan sejumlah masalah. Seperti infeksi saluran pernafasan,” pungkasnya. 


Sumber Berita : https://www.patikab.go.id/v2/id/2017/05/13/waspadai-penyakit-yang-ditimbulkan-dari-sampah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar