Jumat, 23 Juni 2017

Jalan di Pati Perlu Pelengkap

PATI - Infrastruktur, terutama jalan, di Pati, yang sebagian besar dalam kondisi baik diharapkan diikuti dengan kelengkapan lain. Komisi C DPRD Pati mengingatkan pihak terkait untuk melengkapi jalan lintaskecamatan dengan lampu penerangan.
”Terutama untuk daerahdaerah yang jauh dari permukiman. Di Pati banyak jalan antarkecamatan yang melintas di tengah hamparan sawah,” kata Ketua Komisi C, Awi, kemarin.
Kondisi tersebut patut dipikirkan lantaran berpengaruh pada keselamatan pengendara, yang kebanyakan warga Pati. Jalan dengan bagian kanan dan kiri sawah dan berjarak panjang biasanya juga rawan terjadi tindak kriminal. ”Jika jalan dalam kondisi terang maka akan mengurangi risiko tersebut pada malam hari.”
Informasi Masyarakat
Menjelang Lebaran, pihaknya memantau secara intensif kondisi infrastruktur di Pati. Kendati pemantauan tak selalu melalui inspeksi mendadak (sidak), pihaknya banyak menerima informasi dari masyarakat dan sesekali turun sendiri. Di luar penerangan, marka jalan juga perlu diperhatikan.
Kelengkapan jalan itu, menurutnya, penting. Jika jalan tak bermarka, peluang untuk mencelakakan pengendara relatif besar. ”Marka itu seperti penunjuk jalan. Jadi pengendara tahu sisi luar dan tengah jalan. Marka juga bisa jadi pantuan jalan menikung dan penanda lain yang menuntun pengguna jalan.”
Di luar dua hal tersebut, legislator asal Batangan ini juga mempersoalkan masih adanya ruas jalan yang bergelombang. Secara bertahap, kondisi tersebut harus diperbaiki karena jalan yang tak rata membahayakan pengendara.
Menjelang Lebaran tahun ini mayoritas jalan antarkecamatan di Pati dalam kondisi relatif baik. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Suharyono menyatakan, sebagian jalan lintaskecamatan itu menjadi jalur alternatif antarkabupaten.” Sudah mulus semua. Hanya beberapa ruas yang bergelombang, tetapi kondisinya tidak parah.”  

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/jalan-di-pati-perlu-pelengkap/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar