Selasa, 13 Juni 2017

Pengeboran Eksplorasi Memasuki Tahap Testing

BLORA – Pengeboran eksplorasi sumur Nglobo Utara (NGU)-1X memasuki tahap completing dan testing. Tahap tersebut dilaksanakan setelah sejak 27 April lalu mulai dilakukan pengeboran. ”Perkembangannya sekarang sudah target kedalaman.
Saat ini masih testing,” kata Humas Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) Gayatri Handari Kusumawardhani Kosasih, kemarin. Tajak atau pengeboran pertama sumur NGU-1X yang berada di kawasan hutan jati di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Blora itu dilakukan 27 April.
Menurut rencana pengeboran eksplorasi dilakukan dalam waktu 66 hari atau berakhir awal Juli. Ke-66 hari pemboran tersebut terdiri atas 28 hari pengeboran dan 38 hari completing dan testing.
Kedalaman pengeboran direncanakan 2.000 meter hingga 2.200 meter. Pengeboran eksplorasi dilakukan untuk pembuktian kekayaan yang terkandung dalam bumi Blora. Pengeboran eksplorasi ini merupakan pengboran sumur baru yang kali pertama dilakukan PEPC ADK di wilayah Blora.
Beberapa tahun lalu PEPC ADK pernah melakukan pengeboran di empat sumur di wilayah Nglobo dan Cabak. Hanya pengeboran itu bukan pengeboran sumur baru, melainkan re-entry atau mengebor kembali sumur lama. Sumur lama tersebut peninggalan Humpuss.
Pengeboran re-entry itu tidak mendapatkan cadangan minyak maupun gas. ”Kami mohon doanya. Semoga pengeboran eksplorasi sumur NGU-1X kali ini mendapatkan hasil,” kata Dhani, sapaan karib Gayatri Handari Kusumawardhani Kosasih.
Menurutnya, selama lebih dari satu bulan proses pengeboran eksplorasi dilalui, pihaknya tidak mengalami kendala. ”Hingga saat ini masih sesuai dengan yang diharapkan teman-teman di bagian operasi dan eksplorasi.’’.
Pengeboran yang dilakukan bertepatan dengan bulan puasa Ramadan ini diharapkan menjadi berkah dengan ditemukannya sumber migas dalam jumlah besar di pengeboran kali ini. Jika diketemukan minyak atau gas, itu akan bisa menambah cadangan migas untuk memenuhi kebutuhan energi nasional.
”Kegagalan pengeboran yang pernah terjadi di sejumlah lokasi di Blora hendaknya menjadi pengalaman berharga. Semoga pengeboran kali ini mendapatkan hasil cadangan minyak yang melimpah,” kata Bupati Djoko Nugroho saat tajak pertama pengeboran eksplorasi sumur NGU-1X. 


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pengeboran-eksplorasi-memasuki-tahap-testing/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar