Jumat, 16 Juni 2017

Trip Penyeberangan Ditambah Efektif Mulai H-2 Lebaran

JEPARA- Mengantisipasi membeludaknya penunpang saat momen libur Lebaran, Dinas Perhubungan bersama operator kapal penyeberangan Jepara-Karimunjawa membuat jadwal khusus. Perubahan jadwal efektif berlaku sejak H-2 hingga H+7 Lebaran.
Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Perhubungan Basuki Wijayanto melalui Kabid Perhubungan Laut Suroto, saat ditemui Suara Merdeka, Kamis (15/6). Perubahan jadwal pelayaran itu sudah disusun jauh-jauh hari. Rancangan jadwal yang disusun kemudian diserahkan ke PT Pelayaran Sakti Inti Makmur selaku operator KMC Express Bahari 9C dan PT ASDP (Persero) selaku operator KMP Siginjai untuk selanjutnya disepakati.
‘’Jadwal khusus untuk angkutan Lebaran itu mulai H-7 sampai H+7. Tapi efektif baru pada H-2. Inti dari jadwal baru itu, trip akan lebih banyak dari jadwal sebelumnya,’’ terang Suroto, di Dermaga Kartini Jepara. Dia menyontohkan, pada H-2 Lebaran atau pada Jumat (23/6) nanti, KMC Express Bahari dan KMP Siginjai akan berlayar dua trip (pulang-pergi).
Keesokan harinya, KMC Express Bahari juga melakukan trip yang sama. Sementara KMP SIginjai tidak melakukan pelayaran. Adapun tepat hari lebaran dan H+1, kedua kapal tidak beroperasi.
‘’Tapi jadwal tersebut merupakan panduan umum berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Jika di lapangan nanti penumpang membeludak, maka trip akan ditambah lagi. Tinggal kapal mana yang siap,’’ tuturnya. TentatifHanya saja, Suroto menambahkan, penambahan trip secara tentatif atau berdasarkan kondisi di lapangan mempertimbangkan jumlah penumpang pada hari itu tidak terangkut.
Jika mencapai ratusan, maka dimungkinkan akan ditambah trip. Jika hanya puluhan, pihaknya merekomendasikan untuk sementara waktu menginap di Kantor Bidang Perhubungan Laut yang berada di area Dermaga Kartini Jepara.
‘’Kami ada ruang khusus yang sudah dipersiapkan. Nanti bisa untuk penumpang bermalam meski hanya dengan alas tikar,’’ tambahnya. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, lanjut dia, momen Lebaran memang menjadikan pelayaran ramai. Sebagian merupakan wisatawan, dan sebagian lain merupakan warga Karimunjawa yang merantau di sejumlah daerah.
‘’Yang jelas bedanya dengan hari biasa, momen Lebaran nanti trip ditambah, moda siap jalan dan beberapa instansi terlibat. Sehingga penanganan lebih cepat,’’ tegasnya. Adapun instansi yang terlibat nanti merupakan 13 instansi.
Di antaranya, Dinas Perhubungan, TNI AL, Polairud, BPBD, SAR, Syahbandar, PMI dan kesehatan pelabuhan, pihak keamanan dari Polres dan Kodim. Sementara armada juga dipastikan siap melayani momen libur Lebaran. ‘’KMC Express Bahari baru selesai docking. Sore ini (kemarin- red) mungkin sudah akan tiba di Jepara,’’ lanjutnya.
Pihaknya memastikan tidak ada kenaikan harga tiket kapal. Pun pihaknya tidak akan menambah jumlah penumpang melebihi kapasitas kapal. KMC Express Bahari 9C berkapasitas maksimal 351 penumpang. KMP Siginjai maksimal 260 penumpang. 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/trip-penyeberangan-ditambah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar