Cari Blog Ini

Kamis, 21 September 2017

Kedatangan Kapal Sepi, Pengaruhi PAD

PATI JUWANA  – Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) TPI II Juwana selama Jauari hingga sekarang baru mencapai Rp 3,1 miliar. Padahal target PAD TPI di Desa Bajomulyo, Juwana itu Rp 5,5 miliar. Ada banyak faktor, diantaranya beberapa bulan ini kedatangan kapal menurun karena cuaca tak mendukung.

Kepala TPI II Juwana Riyanto menyampaikan, proses pelelangan ikan di TPI II Juwana tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jika 2016 bongkar muat kapal stabil, maka tahun ini kurang stabil selama tiga bulan terakhir. Banyak faktor cuaca seperti tidak adanya hujan menyebabkan penangkapannya sedikit. Berbeda kalau mendekati hujan, biasanya penangkapan ikan gampang.

Saat ini, dalam sehari rata-rata kedatangan kapal hanya satu hingga tiga yang bongkar di TPI 11 Juwana. Berbeda dengan sebelumnya bisa kedatangan 10 kapal lebih dalam sehari. Ia menambahkan, pada September ini sudah mulai mendekati musim hujan, jadi kedatangan kapal bertambah. Pihaknya memprediksi puncak kedatangan kapal September sampai dengan Desember.

“Pada 2017 ini, kami diterget PAD sebesar Rp 5,5 miliar dan sampai saat ini sudah Rp 3,1 miliar dengan total 832 kapal. Target ini naik Rp 1,4 miliar dibanding 2016 yang hanya Rp 4,1 miliar. Sedianya, target naik 200-300 juta pertahun. Meski begitu, kami masih mempunyai sekitar 3 bulan lagi untuk mengejar target PAD tersebut,” jelasnya.

Riyanto menambahkan, setiap bulan mempunyai target tersendiri. Bahkan, pihaknya sudah mendapatkan kelebihan Rp 170 juta yang bisa diakumulasikan akhir tahun. Jika sesuai akumulasi, maka diprediksi aman sampai akhir tahun. Karena selaam tiga bulan kedepan, kedatangan kapal semakin bertambah.

“Kami berupaya supaya banyak kapal yang memilih bongkar di TPI II Juwana. Salah satunya pembayarannya kini bisa tunai. Hari ini lelang langsung lunas hari ini. Kecuali kapal lebih 10 GT. Paling lambat pembayarannya esok hari. Pokoknya minimal 1x24 jam. Karena pembayarannya tunai, maka banyak kapal yang lelang di TPI II,” ungkapnya.

Sumber Berita : https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2017/09/21/14896/kedatangan-kapal-sepi-pengaruhi-pad