Cari Blog Ini

Jumat, 20 Oktober 2017

38 % Pendaftar PPK Perempuan

JEPARAñ Pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah dimulai sejak 12 Oktober lalu. Di Jepara, partisipasi calon badan adhock tersebut dari kalangan perempuan cukup tinggi.
‘’Angkanya hampir 40 persen, tepatnya 38 persen dari total pendaftar PPK,’’ terang Komisioner KPU Jepara, Anik Sholihatun, Kamis (19/10). Dari data rekapitulasi peserta seleksi calon PPK, hingga masa akhir pendaftaran reguler pada Selasa (17/10), total ada 232 pendaftar. Sebanyak 167 orang merupakan pendaftar pria dan 65 wanita. Jumlah pendaftar perempuan terbanyak ada di Kecamatan Jepara dengan 10 pendaftar wanita (45 persen) dari total 22 pendaftar.
Disusul, Kecamatan Tahunan dengan 8 pendaftar perempuan dari total 31 pendaftar dan Bangsri dengan 7 pendaftar dari total 18 pendaftar. Adapun di Kecamatan Karimunjawa, pendaftar PPK lebih banyak perempuan. Dari 13 pendaftar, 7 pendaftar merupakan perempuan. Lebih lanjut Anik menjelaskan, masa pendaftaran khusus untuk Kecamatan Donorojo dan Pakis Aji diperpanjang hingga hari ini (Jumat, 20/10).
Dua Lipat
Sebab, jumlah pendaftar baru di bawah 10 orang. Padahal, jumlah pendaftar seharusnya dua kali lipat dari anggota PPK terpilih, yakni sejumlah lima orang. ‘’Kita perpanjang tiga hari sejak Rabu (18/10) kemarin. Semalam (Rabu malam), kami juga menerima surat dari KPU Provinsi Jateng. Isinya menunda pengumuman hasil seeksi administrasi yang seharusnya dilakukan hari ini (kemarin-red) menjadi Jumat ini,’’tambahnya.
Subchan Zuhrie, komisioner KPU lainnya menambahkan, pada masa perpanjangan di hari pertama, dari Pakis Aji sudah ada tambahan satu pendaftar. Sementara, untuk Kecamatan Donorojo masih belum ada tambahan. Disinggung soal pendaftar PPK yang usianya 17 tahun, Subchan memastikan tidak ada. Paling muda adalah 18 tahun. ‘’Paling rendah usia 18 tahun. Ada tiga orang,’’ imbuh Subchan.

Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/9758/38-Pendaftar-PPK-Perempuan