Cari Blog Ini

Jumat, 20 Oktober 2017

Bandung dan Limbo Belum Cairkan Dana Desa

JEPARA- Desa Bandung Kecamatan Mayong dan Kaliombo Kecamatan Pecangaan hingga saat ini belum mencairkan dana desa (DD). Padahal, proses pencairan anggaran dari APBN di tahap I ini sudah akan berakhir. Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades) Jepara pun merinci bahwa saat ini penyerapan DD sudah mencapai 90 persen. Hanya dua desa itu yang belum mencairkan. Alhasil, penyerapan DD untuk tahap pertama ini pun diperkirakan tidak akan tuntas.
‘’Dua desa tersebut masih mengalami kendala teknis. Sekarang pelaporannya melalui aplikasi. Nah, di Desa Bandung mengalami permasalahan teknis di sisi tersebut. Sementara di Desa Kaliombo memiliki sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) hingga Rp 500 juta,” terang Kabid Penguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinsospermades, Budi Prisulistyono. Budi memperkirakan potensi anggaran tak terserap cukup besar. Sementara, pencairan pencairan tahap kedua dilakukan dalam pekan ini.
Dengan begitu, saat ini pihaknya menggenjot proses pendampingan di kedua desa tersebut. Penyaluran DD hingga bulan ini sudah tersalurkan ke 182 desa dengan besaran Rp 94.278.- 178.200. Dua desa itu, Bandung dan Kaliombo, belum mengajukan pencairan. Adapun total DD 2017 untuk Kabupaten Jepara Rp 158.765.096.000.
ADD
Selain belum mengajukan pencairan DD, Desa Bandung tercatat juga belum mengajukan pencairan alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD Jepara. Penyaluran ADD hingga Oktober mencapai Rp 80.318.- 925.000 dari total ADD 2017 sebesar Rp 104.463.271.000.
”Potensi DD dan ADD tak terserap di dua desa itu tinggi. Oleh karena itu, kami terus melakukan pendampingan,’’ tegasnya. Soal silpa di Desa Kaliombo, Budi menuturkan, berdasarkan aturan jika ada silpa lebih dari 30 persen, maka akan ada pengurangan kucuran DD maupun ADD. Sementara, silpa di desa tersebut mencapai Rp 500 juga. Soal ini, secara khusus pihaknya masih berkonsultasi dengan pemerintah pusat.

Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/9757/Bandung-dan-Limbo-Belum-Cairkan-Dana-Desa