Cari Blog Ini

Jumat, 20 Oktober 2017

DPRD Akan Perjuangkan Kompensasi

BLORA- Ketua DPRD Blora Ir H Bambang Susilo menjelaskan, pihak DPRD akan berupaya memperjuangkan kompensasi atas properti warga korban gusuran di Balun, Cepu. Bisa saja nanti masuk dalam APBD 2018 sepanjang tidak menyalahkan aturan.
“Apakah nantinya akan diinclude- kan dalam pekerjaan pembangunan, akan kita kaji,” tandas Bambang di sela-sela menengok korban di bekas lokasi penggusuran Balun, Cepu, Kamis (19/10). Sebagaimana diketahui, sebanyak 31 rumah yang berdiri di atas bantaran Sungai Balun di belakang SPBU Cepu dibongkar aparat Satpol PP pada Juli lalu.
Pembongkaran ini dilakukan sebagai buntut dari proyek normalisasi Sungai Balun. Merasa dirugikan, warga korban gusuran ini datang ke DPRD pada 29 Agustus lalu. Dalam kunjungannya itu, Bambang Susilo sempat menyusuri pinggiran kali yang ditunjukkan salah satu perwakilan warga, Agus Iswanto. Kepada warga, Bambang menyatakan tetap mendengarkan suara warga.
“Namun ada yang harus dikompromikan. Tidak bisa misalkan menuntut untuk kompensasi dengan menempati tanah bengkok. Yang bisa kami lakukan adalah mengusulkan kompensasi ke warga. Jumlahnya nanti masih kita hitung,” ujar dia yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Blora ini.
Sadari Kesalahan
Bambang menyayangkan penggusuran yang tidak memperhitungkan kompensasi ke warga. Seharusnya, imbuh dia, saat perencanaan normalisasi Sungai Balun dimasukkan pula biaya kompensasi ke warga.
“Jangan sampai pemerintah terlalu kejam dengan rakyatnya sendiri. Setidaknya ada upaya yang lebih manusiawi untuk para korban gusuran ini. Merelokasi memang sudah semestinya. Namun menghancurkan properti milik pribadi tanpa menghitung kompensasi jangan sampai terjadi,” tegas mantan Kepala Desa Tawangrejo, Kecamatan Kunduran ini.
Warga, menurut dia, telah menyadari kesalahan mereka dengan mendirikan bangunan di atas bantaran sungai. Mereka, imbuh Bambang, juga tidak bisa menunjukkan sertifikat tanah dan bangunan. “Meski demikian perlu ada kompromi, apa yang bisa kami akomodasi untuk diperjuangkan buat menentramkan teman- teman korban gusuran,” tandas Bambang Susilo.


Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/9789/DPRD-Akan-Perjuangkan-Kompensasi