Cari Blog Ini

Jumat, 20 Oktober 2017

Pasar Ternak Bakal Dilengkapi Olahan Limbah

MEJOBO – Pembangunan pasar hewan di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, sudah separo lebih. Ditargetkan  akhir November mendatang selesai.
Komisaris PT Mega Karya Jaya Ahmad Fatoni menerangkan, progres pembangunan sampai kemarin mencapai 62 persen. Pekan depan pembangunan ternak Gulang di atas lahan sekitar 1,7 hektare ditingkatkan sekitar 66 persen.
”Kami kerja cepat karena harus sesuai target penggarapan, yakni 5 Desember 2017 selesai. Ada 300 orang pekerja sehingga optimistis bisa selesai tepat waktu,” terangnya kemarin.
Dijelaskannya, dari 1,7 hektare yang dibangun sekitar 750 meter persegi. Bangunan itu berupa los. Luasannya per petak 6x50 meter untuk sapi, kerbau ukuran los sekitar 6x18 meter dan kambing ukuran los 5x20 meter.
Fatoni menjelaskan, pasar ternak Gulang menampung sekitar 360 hewan. Tempatnya dipisah, kalau sapi ada enam lokal, kerbau dan kambing ada tiga lokal.
Selain itu, ada kantor, ruang tunggu, dan ruang kesehatan hewan. Ditambah satu lagi tempat pakan ternak. “Tempatnya representatif, pembuangan limbah sudah disediakan instalasi pembuangan air limbah (IPAL), biogas, dan reaktor. Limbah aman. Semuanya didaur ulang. Pembuatan pasar ternak ini sesuai standar. Jadi tidak perlu khawatir kalau tercemar bau dan sebagainya,” terangnya.
Sementara itu, dana membangun pasar ternak gulang sebesar Rp 15 miliar. Fatoni berharap, pengerjaan cepat selesai. Apalagi tidak ada kendala yang berarti. Sebelumnya terkecoh harga bahan bangunan naik.
”Sekarang kembali normal dan lancar. Pengiriman bahan bangunan tidak mengalami ketersendatan atau telat pengiriman. Semuanya tepat waktu,” terangnya.

Sumber Berita : https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2017/10/20/21103/pasar-ternak-bakal-dilengkapi-olahan-limbah