Cari Blog Ini

Jumat, 15 Desember 2017

Pencairan Dana Pensiun Tak Lagi Sulit


JEPARA- Selama ini, para pensiunan kerap masih kesulitan dalam mengurus dana pensiun. Khususnya, untuk pensiunan TNI dan Polri. Kendati ada sejumlah perbankan yang menjadi mitra PT Taspen (lembaga yang mengurus dana pensiunan PNS) hingga kas keliling, hal itu belum cukup lantaran pensiunan PNS di Jepara tiap tahun terus bertambah.
Sementara, untuk pensiunan TNI atau Polri masih cukup sulit lantaran tak banyak instansi yang menjadi mitra PT Asabri. Terdekat, Kantor PTAsabri ada di Semarang. Alhasil, untuk mengurus pensiun, harus bertolak ke ibu kota Jateng tersebut.
”Untuk mengurus dana pensiun, banyak pensiunan PNS, TNI dan Polri yang harus ke Semarang. Sehingga memang harus ada lembaga keuangan yang bisa memfasilitasi hal itu di Jepara sendiri,” terang Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Woori Saudara (BWS) Jepara Yogi Riyanto saat grand opening kantor yang berlokasi di Jalan Pemuda ini, Kamis (14/12).
Pertimbangan tersebut, tandas Yogi, menjadi salah satu alasan lembaga keuangan ini mendirikan kantor cabang pembantu di Jepara. Sebab sudah seharusnya para pensiunan harus mendapatkan pelayanan yang mudah dan tidak terlalu jauh. Selain juga tanpa biaya tambahan dalam proses pengurusan.
”Kami memfasilitasi pencairan segala hal terkait pencairan dana kepensiunan. Kami mitra bayar PT Taspen dan PT Asabri. Untuk mengurus syarat administrasi, kita juga memfasilitasinya. Kami pun bisa jemput bola.
Nanti teller datang ke rumah. Pencairan dana pensiun, serta sejumlah fasilitas lain (tabungan, kredit dan lainnya) pun tak lama,” tegasnya. Kepala UPT Disdikpora Kecamatan Jepara Kota Sudarwanto yang hadir dalam acara pembukaan menjelaskan, sejauh ini memang ada sejumlah permasalahan terkait bekerjasamanya guru PNS dengan suatu lembaga keuangan.
Termasuk dalam persiapan pensiun. Khususnya terkait persoalan administrasi.” Pelayanan (lembaga keuangan) seharusnya tidak boleh mengganggu aktivitas guru,” kata Sudarwanto. Jumlah guru PNS di Jepara memang cukup banyak.
Sudarwanto menuturkan, jumlah guru PNS di tingkat SD se Kabupaten Jepara di kisaran 3.000 guru. Tiap UPT, ada 250 guru SD berstatus PNS. Pembukaan tersebut dihadiri perwakilan Polres Jepara, Kodim 0719 Jepara, Disdikpora Jepara, Camat Jepara Kota Suhendro, serta dihadiri secara langsung Kepala Kantor Cabang Semarang Widodo Tunggulmanik.


Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/21661/Pencairan-Dana-Pensiun-Tak-Lagi-Sulit