Cari Blog Ini

Kamis, 22 Februari 2018

Durian Pancur Juara

 
BLORA- Durian pancur dari Desa Kacangan, Kecamatan Todanan, dinobatkan sebagai juara pertama Festival Buah Durian Lokal Blora yang berlangsung di Blok S, Selasa (20/2). Durian milik Yudi tersebut mendapatkan nilai tertinggi, 76.
Dengan rasa manis legit dan berwarna kuning layaknya kunir, durian varietas lokal dari Desa Kacangan itu berhasil menyingkirkan puluhan varietas durian lainnya di festival yang baru kali pertama digelar di Blora tersebut.
Afrizal, salah satu juri dari BPTP Jawa Tengah menyatakan, selain rasa dan warna, ketebalan dan bentuk buah durian pancur memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan buah durian lainnya.
”Rasanya lebih enak. Rasa ini bobotnya 30 persen. Sisanya, kita nilai dari segi bentuk buah, ketebalan daging, kecilnya biji dan aroma. Setelah dikalkulasi, kita peroleh juara satu durian dari Desa Kacangan itu,” ujarnya.
Menurutnya, durian yang menangi festival yang dibuka Bupati Djoko Nugroho tersebut akan diusulkan dibawa ke Jakarta agar bisa ditetapkan sebagai durian varietas lokal Blora. ”Bertambah lagi satu varietas durian khas daerah,” tandas Afrizal.
Dalam festival yang diikuti 20 peserta dari enam kecamatan tersebut, juri menetapkan juara kedua diraih durian mrico milik Suwignyo dari Desa Karangjong, Kecamatan Ngawen dengan nilai 72. Juara ketiga durian komet milik Harsono dari Desa Karangjong Kecamatan Ngawen dengan nilai 67.
Adapun juara favorit direbut durian pribadi dari Kecamatan Japah. Masing-masing pemenang menerima hadiah uang pembinaan pengembangan durian dan memperoleh bibit buah unggul dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Blora.
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Blora Reni Miharti menjelaskan, buah durian berpotensi dikembangkan di Blora.
Hingga saat ini, luas kebun durian di Blora mencapai 50 hektare. Kebun itu di antaranya tersebar di Kecamatan Tunjungan, Todanan, Japah, Ngawen, Kunduran dan Jepon.
”Ini kita lombakan varietas lokalnya sehingga yang menang akan dikembangkan menjadi buah durian lokal unggulan Blora. Pemenang lomba akan kita kirim untuk mengikuti lomba durian tingkat Provinsi Jawa Tengah di Solo, 3-4 Maret,” kata Reni Miharti.


Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/34919/Durian-Pancur-Juara