Cari Blog Ini

Kamis, 22 Februari 2018

Panen Perdana Cabai Keriting Organik CSR BI

BLORA – Bupati Blora H. Djoko Nugroho didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Hj Reni Miharti, Rabu (21/2), melaksanakan panen perdana cabai merah keriting di Desa Purworejo, Kecamatan Blora.
Cabai yang dipanen itu, merupakan lahan hasil binaan program coorporate social responsibility (CSR) Bank Indonesia (BI) Perwakilan Semarang, dengan luasan lahan mencapai 4 hektar.
“Meski sering turun hujan, hasil panen cabai warga Purworejo tetap bagus, dan laku Rp 24.000 hingga Rp 27.000 perkilogram,” papar Bupati Djoko Nugroho bangga.
Khusus untuk panen perdana kali ini, bertempat di lahan demplot seluas .500 M2 milik M. Manggar, petani desa setempat anggota Kelompok Tani Sumber Rejeki.
Dalam kesempatan itu, hadir Kepala BI Perwakilan Semarang, Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo, sekaligus untuk melihat langsung program yang tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) Pemkab-BI pada 2017 lalu.
Terintergrasi
Cabai merah keriting jenis lado yang dipananen itu, sebagai realiasi program sosial pendampingan pertanian cabai merah terintegrasi peternakan sapi di Desa Purworejo, dan Hamid Ponco Wibowo berharap klomtan bisa memanfaatkan program sosial dari BI secara baik.
“Alhamdulillah, panen cabai binaan BI ini hasilnya bagus dan harganya masih bagus, semoga berkah untuk para petani,” harap Bupati Blora.
Di tempat yang sama, Kepala BI Jateng Hamid Ponco Wibowo menerangkan program CSR ini, sebagai pengembangan pertanian cabai merah terintegrasi ternak sapi di Desa Purworejo, dan salah satu upaya BI dalam membantu peningkatan perekonomian petani di daerah.
Menurutnya, dimaksud terintegrasi adalah kotoran ternak sapi diolah menjadi pupuk organik, yakni sebagai pupuk dan pestisida cabai.
“Model ini menjadikan biaya produksi pertanian cabai organik lebih hemat, tapi harga jualnya tinggi,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, dilakukan penyerahan bantuan sarana dan prasarana pendukung pertanian cabai oleh Kepala BI kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bina Tani Desa Purworejo, Kecamatan Blora dan Klomtan Taruna Muda Serut Desa Dringo, Kecamatan Todanan.
Hadir dalam kegiatan itu, anggota Komisi XI DPR RI Donny Imam Priambodo, pejabat Bank BRI Cabang Blora, Bank Jateng Cabang Blora, Ketua BPN Kabupaten Blora dan undangan lainnya.  

Sumber Berita : http://www.wawasan.co/home/detail/2721/Panen-Perdana-Cabai-Keriting-Organik-CSR-BI