Cari Blog Ini

Kamis, 22 Februari 2018

Penuntasan Mapolres Baru Diakselerasi

JEKULO- Bila memungkinkan, penuntasan pembangunan Mapolres Kudus yang baru di Desa Klaling, Kecamatan Jekulo dapat diakselerasi. Pasalnya, penyelesaian infrastruktur yang akan akan berdampak pada pengoptimalan pelayanan kepolisian oleh institusi tersebut. Wakil Ketua Komisi D DPRD Kudus Agus Imakuddin, mengemukakan hal itu kepada Suara Merdeka, kemarin.
Ditambahkannya, anggaran penuntasan pembangunan Mapolres tahun ini dialokasikan Rp 20 miliar. ‘’Anggaran untuk penyelesaian pembangunan sebelumnya dialokasikan 28 miliar, tetapi yang disetujui dalam APBD 2018 baru Rp 20 miliar,’’ katanya. Kekurangannya nanti dapat dialokasikan pada APBD Perubahan.
Mengacu pada rencana tersebut, pembangunan harus dipercepat sehingga kekurangan anggaran dapat dilakukan pada APBD Perubahan. ‘’Hanya saja, waktu pekerjaan di APBD Perubahan pendek, maka dana akan disesuaikan kebutuhan prioritas,’’ paparnya.
Secara pribadi, dia berharap Mapolres dilengkapi masjid yang representatif seperti halnya Mapolres lama. Fasilitas itu benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat di jalur pantura timur.
Selain itu, hal itu menunjukkan bahwa Kudus memang identik sebagai kota santri. ‘’Keberadaan Mapolres dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak,’’ jelasnya.
Dimulai Maret
Terpisah, Kadinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sam’ani Intakoris menyatakan proses pekerjaan akan dimulai Maret dan diharapkan Agustus dapat diselesaikan.
Anggaran Rp 20 miliar meskipun belum sesuai dengan usulan semula dipastikan akan dimaksimalkan. ‘’Kalau nanti masih ada kekurangan dapat diajukan penganggaran pada perubahan atau tahun berikutnya,’’ imbuhnya.
Pembangunan Mapolres Kudus saat ini merupakan lanjutan rangkaian pembangunan yang sudah dimulai dengan groundbreaking pada pertengahan April tahun lalu (Suara Merdeka 13/4-Red). Markas Komando Polres Kudus baru diharapkan sepenuhnya dapat digunakan tahun ini.
Ditambahkannya, luas lahan yang tersedia untuk Mapolres yang baru mencapai 15.000 meter persegi. Sesuai ancangan semula, bangunan lantai I seluas 3.100 meter persegi, sedangkan lantai II seluas 2.000 meter persegi.


Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/34927/Penuntasan-Mapolres-Baru-Diakselerasi