Cari Blog Ini

Kamis, 22 Februari 2018

Warga Terdampak Banjir Dijamin Dapat Layanan Kesehatan

KUDUS- Selama hampir sepekan ini, sebagian warga di wilayah terdampak banjir, yakni di Dukuh Tanggulangin, Gendok, dan Barisan, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati Kudus mengungsi di Balai Desa Jati Wetan dan di aula kelenteng di Desa Tanjungkarang.
Mereka mendapat perhatian khusus dari Dinas Kesehatan Kudus, terutama bagi ibu hamil dan anak-anak. Pasalnya, mereka yang paling rentan terkena serangan penyakit.
”Kami memberikan jaminan layanan kesehatan yang layak selama mereka di tempat pengungsian,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Joko Dwi Putranto saat memantau para pengungsi di Balai Desa Jati Wetan, kemarin.
Pihaknya menambahkan, ibu hamil dan anak-anak menjadi prioritas pemantauan. Sebab, mereka rentan terhadap serangan penyakit. ”Secara umum kondisi kesehatan mereka cukup baik dan tidak ada kendala apa pun.
Selain mendapatkan layanan kesehatan, tempat untuk mengungsi juga cukup representatif karena tersedia fasilitas kamar mandi, WC, serta ketersediaan air bersih yang memadai.
Setidaknya kondisi ini jauh lebih baik dibandingkan mereka tetap tinggal di rumah yang kondisinya hingga empat hari ini masih tergenang air,” paparnya.
Mengenai tenaga medis dan paramedis yang ditempatkan di pengungsian, Joko menjelaskan, ada tiga shiftyang akan melakukan piket. ”Selama 24 jam, mereka bisa memantau kesehatan warga di pengungsian,” terangnya.
Mengenai persedian obat-obatan dan asupan makanan tambahan, ia menuturkan, semuanya mencukupi. ”Rata-rata obat yang banyak dibutuhkan adalah untuk penyakit kulit,” terangnya.
Datang dan Pergi
Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Jati Wetan, Suyitno kemarin menjelaskan, jumlah pengungsi di Balai Desa Jati Wetan sampai dengan hari ini datang dan pergi.
Pasalnya, kondisi genangan terkadang surut dan tiba-tiba naik lagi. ”Untuk Rabu (21/2) ini, jumlahnya 155 orang, dengan perincian balita 14 orang, anak-anak sampai dengan usia 12 tahun ada 49 orang, dewasa 90 orang, dan lansia dua orang.
Rata-rata mereka berasal dari RT1, 2, 4, 5 dan 6 wilayah RW3 Dukuh Tanggulangin, Gendok, Barisan, Desa Jati Wetan,” jelasnya.
Pihaknya mengimbau bagi warga yang tempat tinggalnya masih tergenang untuk mengungsi, ini dimaksudkan untuk mempermudah melakukan pemantauan. ”Di sisi lain, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya.

Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/34924/Warga-Terdampak-Banjir-Dijamin-Dapat-Layanan-Kesehatan