Cari Blog Ini

Jumat, 20 April 2018

Kreatif, Pasarkan Arang Tradisional Melalui Media Online

PATI,  -Banyaknya industri rumahan (home industri) mebel di desa Godo Kecamatan Winong, Timbul ide dari seorang pengusaha arang tradisional untuk memanfaatkan kayu limbah perusahaan meuble Ditangan kreatif sepasang suami istri Suprih (30) dan Ernawati (27) warga RT.07 RW.01 Desa Godo Kecamatan Winong,  memproses potongan-potongan kayu limbah perusahaan meuble menjadi arang yang berdaya jual cukup tinggi. Omset dalam kurun waktu satu bulan mencapai jutaan rupiah.
Di saat TMMD Reguler ke-101 digelar di Desa Godo Kecamatan Winong Kabupaten Pati, disela-sela kesibukannya mengerjakan proyek TMMD anggota Satgas sempatkan singgah di rumah-rumah penduduk. Selain ingin mengetahui kondisi warga Desa Godo secara langsung juga sebagai bentuk pembinaan teritorial di wilayah Kodim 0718/ Pati.
Seperti yang dilakukan Sertu Nur Khoyyum anggota Satgas TMMD Kodim Pati mendatangi kediaman salah satu pengusaha arang kayu dari limbah mebel. Dia datang sekedar memberikan  motivasi serta memberikan arahan untuk memasarkan arang lebih luas lagi melalui media sosial (Online).
Menurut keterangan Suprih, dari limbah potongan kayu yang kami dapat dari pengusaha meuble, dengan melalui proses pembakaran/pengarangan dalam satu bulan bisa menghasilkan 100 karung arang siap jual. Untuk sekali proses pembakaran bisa  menghasilkan 10 karung arang dengan harga jual masing-masing Rp 35.000 per karungnya. "Semua arang yang kami hasilkan langsung diambil  oleh tengkulak tanpa harus menjual di pasar," jelasnya.
Seringnya satgas TMMD berkunjung di kediamannya, Dia akan mencoba memasarkan produk arang lewat media online bukan  hanya sekedar menunggu kedatangan tengkulak. "Harapan keluarga kami ke depan, setelah mendapatkan kunjungan dan saran dari satgas TMMD akan menggunakan media online sebagai sarana pemasaran arang, sehingga mampu mendorong perekonomian keluarga saya serta tarap hidup warga desa Godo lebih meningkat," kata dia.    



Sumber Berita  : http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23829/Kreatif-Pasarkan-Arang-Tradisional-Melalui-Media-Online