Sabtu, 21 April 2018

Peringatan Hari Kartini ke-139 Jateng, Dipusatkan di Jepara

JEPARA – Peringatan Hari Kartini ke-139, tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng), dipusatkan di Kabupaten Jepara. Upacara resepesi yang dilaksanakan, pada Sabtu (21/4) pagi, di Pendapa Kartini Jepara, dan dihadiri langsung oleh Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko bersama sejumlah anggota Forkopimda Jateng, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Forkopimda Jepara, dan para pejabat terkait.
Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko mengatakan, sangat tepat jika pelaksanaan peringatan Hari Kartini ke-139, tingkat Jawa Tengah ini, dilaksanakan di Kabupaten Jepara. Karena disinilah, tempat Raden Ajeng Kartini dilahirkan dan dibesarkan oleh keluarganya. “Kami memilih Jepara sebagai tuan rumah penyelenggaraan peringatan Hari Kartini, karena disini, adalah tempat beliau dilahirkan,” kata Heru.
Dalam kesempatan itu, Heru berharap, agar bulan April ini, dijadikan sebagai bulan Kartini. Hal ini, untuk menghormati jasa RA Kartini, dan menauladani kisah-kisahnya. “Jika bulan Juni disebut sebagai bulan Bung Karno, saya berharap bulan April sebagai bulan Kartini,” kata dia.
Hal ini harus diawali dari Jepara, sebagai tempat kelahiran RA Kartini. Karena disinilah, kata Heru, jejak-jejak Kartini, masih dapat dilihat sampai sekarang, oleh generasi bangsa. “Setelah membaca surat-surat Kartini, sangat inisiatif sekali. Pemikiran yang luar biasa, gadis belasan tahun, untuk memikirkan kaum dan bangsanya,” tutur Heru.
Ia berharap kepada kaum Ibu, untuk mengajarkan semangat Kartini, kepada putra-putrinya, agar kelak mereka lebih bersemangat dalam belajar, dan terus maju untuk membangun bangsa. “Dalam Panca Dharma Wanita, menyebut, seorang ibu adalah pendidik bagi putra putrinya dalam sebuah sebuah keluarga. Ini adalah amanat dan sudah dilakukan Kartini, meskipun saat itu ia belum menjadi seorang ibu,” katanya.
https://jepara.go.id/

Sementara Bupati Ahmad Marzuqi, mengucapkan terima kasih, kepada Plt Gubernur, yang telah memilih Jepara sebagai tuan rumah penyelenggaraan resepsi Hari Kartini. Ini merupakan, sebuah penghormatan Pemprof kepada seluruh masyarakat, di Kabupaten Jepara.
Disampaikan Bupati, jauh sebelum RA Kartini, juga lahir perempuan-perempuan hebat di Jepara. Ada Ratu Shima sebagai penguasa Kerajaan Kalingga, pada tahun 674 Masehi, yang terkenal dengan hukum dan keadilannya. Kemudian disusul Ratu Kalinyamat, yang dengan perkasa mengusir tentara Portugis di Malaka, sekitar tahun 1549. Kemudian lahir Raden Ajeng Kartini, di tahun 1879 yang tiap tanggal 21 April, diperingati hari lahirnya. “Mudah-mudahan, ini dapat menginspirasi wanita-wanita Jepara, agar lebih maju, “ kata Marzuqi.
Sebelum dilaksanakan Upacara Resepsi Peringatan Hari Kartini ke-139 Jateng, juga telah dilaksanakan berbagai macam kegiatan, seperti bhakti socsial kepada Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA), serta para penyandnag disabilitas pada 5 April. Kemudian, lomba kekompakan memakai kebaya Kartini, oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW), 6 April di Pendapa Kartini. Dilanjutkan, Seminar Kartini dan ziarah ke Makam Kartini, di Kabupaten Rembang.



Sumbert Berita : https://jepara.go.id/2018/04/23/peringatan-hari-kartini-ke-139-jateng-dipusatkan-di-jepara/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini