Hari Sumpah Pemuda 2018 ASIANPARAGAMES2018 asianparagames2018 ASIANPARAGAMES2018

Cari Blog Ini

Jumat, 20 April 2018

Potensi Purbakala di Medalem Blora Diteliti Tim Ahli BPSPM Sangiran

Blora – Tim ahli dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran melangsungkan aktivitas penelitian di Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, Blora. Tim yang dikirim sebanyak 16 orang yang dipimpin Haris Rahmanendra. “Tim terdiri dari arkeolog, geolog, biolog, ahli geomorfologi dan pemeta. Penelitian di Desa Medalem dilakukan dari tanggal 10 sampai 21 April lusa,” kata Kepala BPSMP Sangiran Muhammad Hidayat, Kamis (19/4/2018).
Ia menjelaskan, penelitian dilakukan untuk untuk mengetahui lebih dalam potensi purbakala di sekitar Desa Medalem tersebut. Penelitian dilakukan menindaklanjuti sudah adanya penemuan fosil purbakala dikawasan tersebut.
“Di lokasi itu terdapat beberapa teras atau bekas dasar Sungai Bengawan Solo yang mengandung endapan sisa sisa Kala Plestosen. Tujuan penelitian untuk mengetahui potensi situs disana,” jelasnya.
Dari laporan yang diterima, selama pengumpulan data dilapangan, tim juga berhasil menemukan fosil beberapa jenis fauna. Antara lain, jenis Elephas (gajah purba), rusa,   kerbau, badak. kura kura, dan ikan hiu. Kebanyakan fosil yang ditemukan adalah bagian gigi.
Sebulan sebelumnya, tim dari Sangiran juga melangsungkan penelitian. Lokasinya ada di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan. Dalam kegiatan itu, tim peneliti berhasil menemukan ratusan fosil hewan purba.



Sumber Berita :  http://www.murianews.com/2018/04/19/140935/potensi-purbakala-di-medalem-blora-diteliti-tim-ahli-bpspm-sangiran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini