Sabtu, 21 April 2018

Satgas TMMD Kenalkan Makna Hari Kartini

PATI , - Ada yang berbeda dalam suasana pagi di depan Lapangan Desa Godo. Lapangan yang biasanya sepi, kali ini sekelompok anak-anak TK dan Paud, dengan berpakaian baju daerah berdiri rapi, bergandengan tangan, berbaris rapi di sepanjang jalan.
Mereka turut serta dalam peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan Tim Satgas TMMD Reguler ke-101 Kodim Pati di Desa Godo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Mereka mengajak anak-anak PAUD, TK dan SD untuk memperingati Hari Kartini dengan menggelar karnaval kecil dan beberapa permainan yang bersifat mendidik.
Tak jauh dari rombongan, turut mengiringi para orang tua serta para guru sebuah Taman Kanak-kanak yang ada di Desa Godo yang memandu anak-anak yang sedang mengikuti karnaval agar tertib dan lancar. Satgas TMMD juga turut andil dalam kegiatan ini.
Pada akhir pelaksanaan karnaval, Tim Satgas juga berinteraksi dan memberikan motivasi dalam rangka memaknai perjuangan RA Kartini.
"Saat ini kegiatan untuk memperingati hari Kartini tidak hanya sebatas menggunakan pakaian adat saja, namun juga digelar berbagai kegiatan yang melibatkan anak-anak, seperti menggambar, menari dan yang lainnya. Namanya juga anak-anak, mereka mungkin menikmati berbagai kegiatan tanpa mengerti apa makna hari Kartini tersebut," jelas Serda Tejo Purnomo, salah satu anggota Satgas.
Lebih lanjut Tejo menyampaikan kepada anak-anak peserta karnaval, bahwa setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasa Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Pada masa itu wanita pribumi berada pada status sosial yang rendah dan memiki peran terbatas mengurus anak dan rumah tangga saja.
"Raden Ajeng Kartini memperjuangkan kesetaraan laki-laki dan perempuan dengan mengenalkan pentingnya pendidikan bagi kaum wanita, dengan mendirikan sekolah-sekolah. Wanita berhak menuntut ilmu setinggi-tingginya tanpa meninggalkan kodrat sebagai seorang ibu untuk anak-anaknya," pungkasnya. 


Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/news/detail/23916/Satgas-TMMD-Kenalkan-Makna-Hari-Kartini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini