ASIANGAMES2018

Cari Blog Ini

Kamis, 10 Mei 2018

Alokasi Dana Desa Pati Rp 365 Miliar

PATI - Anggaran dana desa (DD) yang dikucurkan untuk Kabupaten Pati cukup besar. Yakni, Rp 365 miliar untuk 401 desa.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati Muhtar mengatakan, jumlah itu mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan tahun lalu, 13 persen.
Dibandingkan tahun lalu, DD tahun ini juga mengalami sejumlah perbedaan, seperti formulasi untuk alokasi maupun proses pencairan DD.
Jika tahun lalu proses pencairan DD dilakukan 40-60 persen, tahun ini sistemnya 20-40-40 persen. ‘’Sekarang ini untuk tahapan yang 20 persen dari total keselurhan telah 100 persen ditransfer ke rekening kas desa,’’ terangnya.
Untuk itu, desa diminta agar segera melakukan penyerapan dan melaksanakan pembangunan fisik dan realisasi dari alokasi 20 persen DD tersebut.
Pembangunan fisik tersebut disesuaikan dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang sudah disusun sebelumnya. ‘’Kalau dari pantauan kami, sebagian desa sudah mulai melaksanakan pengerjaan realisasi meskipun ada pula yang masih proses penyerapan,’’ terangnya.
Bahkan dari laporan sementara, sedikitnya telah ada 70 desa yang memulai pelaksanaan pembangunan fisiknya. Hanya saja, sebagian desa juga mengaku mengalami kesulitan terkait keputusan bersama empat menteri.
‘’Dalam kebijakan itu memang diisyarakatkan terkait penggunaan DD harus menerapkan kebijakan padat karya tunai yang mempersyaratkan 30 persen dari nominal kegiatan fisik,’’imbuhnya. Lantaran sebelumnya tidak diatur, kini pemerintah desa pun harus melakukan perubahan RAB.
Komposisinya harus dipisahkan antara padat karya itu. Dengan adanya perubahan tersebut, menurutnya menambah sedikit aktivitas pemerintah desa. ‘’Namun demikian hal itu bisa diatasi. Kami akan memberikan pendampingan dan bimbingan,’’ ujarnya. 


Sumber Berita : https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/83773/alokasi-dana-desa-pati-rp-365-miliar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini