Cari Blog Ini

Selasa, 15 Mei 2018

Gerakan Blora Membaca Dideklarasikan

BLORA,- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) mendeklarasikan Gerakan Blora Membaca (GBM) pada momentum Car Free Day (CFD), di kawasan alun-alun, Minggu (13/5).
Deklarasi yang dipimpin Bupati Djoko Nugroho itu dihadiri pula relawan dari Jepang serta Belgia. Menariknya lagi, deklarasi yang diikuti ratusan pelajar tersebut mendapat dukungan penuh dari aparat TNI Kodim dan Polres Blora.
‘’Supaya cita-citanya tercapai maka para siswa harus pintar. Dan untuk menjadi pintar harus suka membaca,’’ tegas Bupati Djoko Nugroho didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Bondan Sukarno.
Menurut Bupati, dideklarasikannya Gerakan Blora Membaca tentu harus disertai upaya-upaya khusus. ‘’Namanya ini gerakan, jadi disertai upaya-upaya khusus. Upaya khusus itu harus bisa menggelorakan agar seluruh masyarakat Bora gemar membaca. Buku adalah gudangnya ilmu,’’ kata Bupati.
Setiap akan beranjak tidur, para orang tua diminta membacakan cerita-cerita pendek kepada anak-anaknya. Sehingga hal itu, kata Djoko Nugroho, menjadi kebiasaan. ‘’Oleh karena itu orang tua di rumah harus menyediakan buku bacaan dan gemar membaca,” tandasnya.
Kepala DPK Blora, Gundala Wejasena, mengemukakan bahwa Kabupaten Blora sudah mulai Kuncoro. Menurutnya, kuncoro tidak akan tergapai apabila kurang pengetahuan. Oleh sebab itu, kata Gundala, budaya membaca harus dikembangkan kepada generasi muda. ‘’Barangkali hasilnya tidak bisa instan mungkin beberapa tahun lagi,’’ katanya.
Akan tetapi, kata Gundala Wejasena, anak-anak suatu saat akan menjadi generasi penerus yang menjadikan Kabupaten Blora semakin kuncoro. Lebih lanjut dikatakan, Gerakan Blora Membaca akan dibumikan dengan menggandeng sejumlah pihak. Seperti organisasi wanita, pemerintah desa dan kelurahan serta aparat TNI dan Polri.
Adapun isi deklarasi Gerakan Blora Membaca yakni masyarakat Blora mendukung Gerakan Blora Membaca. Selain itu, bersedia membiasakan membaca buku setiap hari dan bersedia membudayakan kebiasaan membaca buku di keluarga.


Sumber Berita : https://www.suaramerdeka.com/news/baca/85192/gerakan-blora-membaca-dideklarasikan