ASIANGAMES2018

Cari Blog Ini

Kamis, 10 Mei 2018

Jepara Segera Dikembangkan Jadi Smart City

 

 

JEPARA- Menyusul dilaksanakannya penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding dengan Kementerian Komunikasi dan Informastika (Kemenkominfo), Kabupaten Jepara segera berbenah untuk mewujudkan diri sebagai Smart City. Bersama dengan 49 kota/kabupaten (50 termasuk Jepara), Kabupaten Jepara harus bergerak untuk bisa mewujudkan konsep Smart City bagi wilayahnya.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jepara, Yoso Suwarno menyatakan, penandatanganan MoU tersebut merupakan bagian dari gerakan menuju 100 smart city yang dicanangkan pemerintah. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Pemkab Jepara dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, dilaksanakan Selasa (8/5) di hotel Redtop, Jakarta.
“Ada 50 kabupaten/kota se-Indonesia yang sudah menandatangani MoU dengan Kemendagri. Ini adalah bagian dari gerakan menuju 100 smart city yang dicanangkan oleh pemerintah pusat,” kata Yoso Suwarno, Rabu (9/5).
Dalam penandatanganan tersebut, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi didampingi Sekda Sholih, Kepala Bappeda Jepara Sujarot, dan pihaknya. Menurut Yoso, smart city merupakan program bersama antara Kemenkominfo, Kemendagri, Kemen PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan dengan tujuan agar pemda dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Proses panjang harus dilalui oleh Pemkab Jepara dalam hal ini. Diawali proses seleksi asesment, pada tahun 2017 telah terpilih 25 kabupaten/kota, termasuk Jepara. Assessment lanjutan tahun 2018, terpilih 50 kab/kota, termasuk di dalamnya Kabupaten Jepara. Kabupaten/kota yang terlah menandatangani MoU, nantinya akan mendapat pendampingan dalam penyusunan master plan smart city dari Kemenkominfo.
“Untuk menjamin keberlangsungan program smart city, diperlukan kebijakan dalam bentuk Perda atau peraturan bupati/walikota. Konsistensi diperlukan dalam pembangunan smart city sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kota layak huni yang masyarakatnya makin sejahtera dan makin bahagia,” tandasnya.
Langkah-langkah lebih lanjut, Pemkab Jepara akan segera mengkordinasikan program ini dengan pihak-pihak terkait. Selain OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Pemkab Jepara tentu saja akan berkordinasi dengan DPRD Jepara dan stake holder terkait serta masyarakat luas. Sehingga program ini bisa segera diwujudkan dan memberi dampak positif bagi bagi kehidupan di Kabupaten Jepara.


Sumber Berita   :   http://www.wawasan.co/home/detail/4028/Jepara-Segera-Dikembangkan-Jadi-Smart-City

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini