Cari Blog Ini

Rabu, 16 Mei 2018

Pasar Murah Bantu Warga Siapkan Ramadan


PURWODADI- Ringankan kebutuhan pangan warga selama puasa Ramadan. Pemerintah Kabulaten Grobogan menggelar pasar murah. Kegitatan yang dimulai Rabu (16/5) di halaman Balai Desa Truwolu, Kecamatan Ngaringan, dilaksanakan secara bergantian di 20 kelurahan di 19 kecamatan.
Di lokasi pasar, warga kurangmampu, bisa membeli barang kebutuhan pokok seperti Beras, minyak goreng, gula, telur, sirup dan mi instan. Selain barang kebutuhan pokok, sejumlah stan juga menjual bernagai produk lokal baik pangan. Pradana Setyawan, Kepala Bagian Perekonomian Setda Grobogan mengatakan kegiatan pasar murah merupakan agenda tahunan pemerintah untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri.
Dengan pasar murah, diharapkan bisa menekan harga selain itu juha bisa menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok. ‘’Untuk menghindari kesemrawutan, pembeli di pasar murah kami seleksi. Mereka yang bisa membeli barang di sana hanya pemegang kupon khusus. Sebelumnya, kami membagikan kupon tersebut pada masyarakat,’’ kata pejabat yang akrab disapa Dani situ.
Menurutnya, kegiatan pasar murah dilakukan sebagai antisipasi terhadap lonjakan harga kebutuhan pokok masyrakat yang terjadi jelang Ramadan dan Idul Fitri. Dengan pasar murah, diharap dapat membantu masyarakat kurang mampu dan berdaya beli rendah untuk memenuhi kebutuhan pokok.
Selain Pasar Murah, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pertanian juga tetap menyelenggarakan Pasar Tani. Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Grobogan Imam Sudigdo mengatakan selama Ramadan, Pasar Tani tetap dibuka.
Pasar Tani digelar di Halaman Dinas Pertanian setiap Jumat dari jam 07.30 – 10.30. Di sana diperdagangkan segala jenis hasil pertanian. Kegiatan tersebut untuk memudahkan konsumen membeli kebutuhan langsung ke petaninya.
‘’Kami tetap membuka Pasar Tani saat Ramadan ini. Harapannya, agar para petani tetap bisa menjual hasil taninya langsung ke konsumen," katanya.
"Warga yang membeli di sana akan mendapatkan harga relatif murah lantaran lewat Pasar Tani, tataniaga hasil pertanian terpangkas,’’ ujarnya.


Sumber Berita  :   http://www.wawasan.co/home/detail/4151/Pasar-Murah-Bantu-Warga-Siapkan-Ramadan