Cari Blog Ini

Kamis, 10 Mei 2018

Pembangunan Waduk Logung Ditargetkan Kelar Akhir Agustus

KUDUS  JEKULO – Mulai dibangun sejak 2015 silam, kini Waduk Logung masih dikerjakan. Pembangunannya hampir selesai. Rencananya, akhir Agustus mendatang proyek yang menelan anggaran Rp 620 miliar ini selesai dikerjakan.
Engine Technic Pembangunan Waduk Logung Gusfani Dede Ramadan mengatakan, saat ini progres fisik sudah mencapai 84 persen. Dengan pencapaian itu, pihaknya optimistis pembangunan selesai akhir Agustus.
Kendati kontrak selesai pada Desember mendatang, Fani –sapaan akrabnya – yakin pembangunan selesai akhir Agustus. Sebab, pihaknya sudah menambah alat sekaligus jam kerja pekerja. Dengan begitu, pekerjaan jadi lebih ringan dan cepat. ”Alat kami tambah. Para pekerja lembur hingga pukul 22.00 untuk mempercepat pembangunan,” ungkapnya.
Ditanya kendala, Fani menegaskan, hanya ketika musim penghujan. Jika musim kemarau, tidak begitu ada kendala. ”Saat hujan memang pekerjaan dihentikan hingga akhir Februari lalu. Sedangkan awal Maret kami mulai ngebut,” ungkapnya.
Saat ini, pihaknya fokus mengerjakan mekanikel di bawah terowongan. Hal itu sifatnya tentatif. Pihaknya juga masih mengerjakan penimbunan inti kedap air dan random. Proses ini sudah mencapai elevasi 70,25 meter. ”Penimbunan inti kedap air berdasarkan rencana yang ditargetkan mencapai 94 meter,” ujarnya.
Disinggung dampak dari kejadian pengrusakan di area pembangunan Waduk Logung oleh warga pada tahun lalu, dia menyampaikan, saat ini pembangunan berjalan sesuai rencana. ”Kasusnya sudah ditangani Polres Kudus dan sudah selesai. Bahkan hingga saat ini Polsek Jekulo masih berjaga-jaga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.
Dia berharap, Waduk Logung ini cepat selesai dan bisa segera dimanfaatkan. Salah satunya mengendalikan banjir. Mengingat dari Jekulo dan Mejobo juga rawan banjir. Selain itu juga digunakan pembangkit listrik. ”Waduk ini juga bisa menyuplai irigasi lahan pertanian dan sumber air baku permukaan,” ungkapnya.



Sumber Berita   :  https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2018/05/10/72224/pembangunan-waduk-logung-ditargetkan-kelar-akhir-agustus