Jumat, 11 Mei 2018

PG GMM Berani Target Rendeman Sembilan Hingga 10 Persen

BLORA,  – Untuk kali pertama, Pabrik gula (PG) PT Gendhis Multi Manis (GMM) Bulog di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Blora, berani memasang target tinggi rendemen tebu pada musim giling 2018. Pada musim giling perdana yang diawali tradisi manten tebu pada Rabu (9/5), GMM pasang target tinggi rendemen tebu dari 7,7-7,8 persen tahun lalu menjadi 9-10 persen.
Rendemen tebu adalah kadar kandungan gula di dalam batang tebu yang dinyatakan dengan persen. Bila dikatakan rendemen tebu 10 persen, artinya ialah dari 100 kilogram (1 kuintal) tebu yang digiling akan diperoleh gula 10 kilogram.
‘’Sepanjang sejarah industri gula di Indonesia, belum ada pabrik gula yang berani menargetkan rendemen sampai 10 persen. Dan kami tahun ini ingin mewujudkannya sehingga produksi lebih baik sebagai tanda kebangkitan industri gula Indonesia dari Blora. Begitu juga petani akan menikmati hasil yang lebih baik,’’ ujar Direktur Utama (Dirut) PT GMM Bulog, Rachmat Pambudy.
Dia menjelaskan, pelaksanaan selamatan giling tersebut untuk mengawali musim giling 2018. Pada musim giling tahun lalu, pihaknya menggiling tebu 408. 870 ton dan menghasilkan gula putih kristal (GPK) 31. 550 ton selama 150 hari giling.
‘’Dari hasil itu, lanjutnya, PT GMM Bulog melampaui kinerja di tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, di tahun 2017, rendemen GMM tertinggi di Jawa Tengah dan DIY. Tekad kami, tahun ini adalah tahun prestasi. Oleh karena itu tentu kinerjanya harus lebih bagus lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya,’’ kata Rachmat Pambudy.
Untuk memotivasi karyawan dan petani, katanya, manajemen mengusung slogan: Tiada hari tanpa perbaikan (GMM Improvement Everyday). Menurutnya, PT GMM Bulog yakin pada tahun prestasi ini bisa merealisasikan target 630.000 ton giling tebu.
Kerja Cerdas
‘’Tujuan utama kami, petani tambah gembira jika bisa mencapai rendemen 10 persen. Tentu untuk merealisasinya, karyawan harus kerja keras dan kerja cerdas,’’ tegas Rachmat Pambudy.
Dia juga mengajak kepada seluruh petani tebu untuk terus meningkatkan produksi tebunya, diiringi inovasi-inovasi seperti pemupukan, bibit tebu, pemeliharaan, pemanenan, dan teknologi. ‘’Kami yakin jika upaya tersebut dilakukan, kita bisa menghasilkan tebu berkualitas dan terbaik di Indonesia, bahkan dunia,’’ katanya.
Bupati Blora, Djoko Nugroho yang hadir dalam selamatan giling perdana 2018 menyatakan, tekad mencapai rendemen 10 persen adalah luar biasa. ‘’Inilah yang dinamakan pabrik gula berdaya saing tinggi. Kami berharap dengan target itu kesejahteraan petani tebu di Blora akan semakin meningkat,’’ ujar Bupati.
Corporate Secretary PT GMM Bulog, Doddy S Soerachman mengungkapkan, jika target rendemen 10 persen berhasil, maka dia menyakini gula di Indonesia akan menjadi industri yang bisa diandalkan secara nasional.



Sumbert Berita   :  https://www.suaramerdeka.com/news/baca/84032/pg-gmm-berani-target-rendeman-sembilan-hingga-10-persen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini