Cari Blog Ini

Jumat, 11 Mei 2018

Tak Lunasi BPIH, Puluhan CJH Gagal Berangkat Haji Tahun Ini

PATI-– Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pati menunda keberangkatan 59 calon jamaah haji (CJH) Pati yang tidak melunasi biaya pelunasan ibadah haji (BPIH) 2018. CJH yang tidak melunasi haji tahun ini akan dipending tahun berikutnya.
Kepala Kankemenag Pati Imron melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Abdul Hamid menjelaskan, BPIH 2018 dilaksanakan 16 April-4 Mei ini. Hingga batas waktu yang ditentukan, dari 1.635 CJH yang terdata berangkat tahun ini, yang melunasi BPIH ada 1.576.
Sedangkan 59 CJH yang tidak melakukan pelunasan dinyatakan keberangkatannya diundur. Menurut Hamid, CJH yang sengaja tak melakukan pelunasan BPIH karena sakit yang kondisi kesehatannya tidak memungkinkan, hamil, dan sudah ada yang meninggal.
“Ada juga CJH yang memang sengaja tidak melunasi BPIH tahun ini karena ingin berangkat bersama dengan keluarga lainnya pada tahun berikutnya. Sebelum waktu tempo pelunasan, kami sudah menghubungi CJH bersangkutan satu persatu. Tapi mereka memang sengaja tidak melunasi BPIH karena alasan-alasan tersebut,” jelasnya.
Hamid menambahkan, CJH Pati tergabung dalam Embarkasi Solo BPIH nya sebesar Rp 35.933.275. Jika hingga batas waktu belum melakukan pelunasan, maka otomatis masuk dalam daftar CJH tunda 2019 mendatang. Sementara itu untuk pelunasan BPIH tahap kedua masih menunggu instruksi.
Khusus pelunasan BPIH tahap kedua ini bisa dilakukan oleh CJH yang masuk 2018 tapi gagal pada sistem tahap pertama, penggabungan marhorm, percepatan lansia lebih 75 tahun, jamaah yang sudah pernah berangkat, dan jamaah cadangan. Berapa kuota CJH Pati tahap kedua ini yang menentukan provinsi.
“Se-Jateng sendiri ada 1.200 kuota yang masih bisa digunakan oleh CJH yang melakukan pembayaran tahap pertama. Kuota itu dibagi kepada 36 kota/kabupaten se Jateng,” imbuhnya.


Sumber Berita  :  https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2018/05/11/72371/tak-lunasi-bpih-puluhan-cjh-gagal-berangkat-haji-tahun-ini