Cari Blog Ini

Rabu, 06 Juni 2018

Dinas Pertanian Pastikan Kondisi Daging Aman

PATI - Dinas Pertanian bergerak mengadakan inspeksi mendadak sehubungan permintaan daging yang meningkat menjelang Lebaran. Tim kesehatan hewan dari Dinas Pertanian menyisir sejumlah pasar tradisional untuk mengecek kondisi daging yang dijual di pasaran.
Mereka menyisir kemungkinan daging tak sehat seperti ayam tiren ataupun daging glonggongan. Sidak itu pun seperti yang dilakukan kemarin.
Kepala Dinas Pertanian bersama sejumlah dokter hewan mengecek di Pasar Puri dan Pasar Rogowangsan. Satu persatu dagangan penjual daging di pasar tersebut diperiksa. Pemeriksaan itu meliputi tingkat kekenyalan, kadar air, bau ataupun potensi penyimpangan lainnya.
Hasilnya petugas menyebut memastikan daging yang dijual di pasaran aman dan layak dikonsumsi. “Ini menjadi tugas pokok fungsi untuk bidang peternakan.
Kami ingin melihat komoditas hewan yang ada di Pasar Puri dan Rogowangsan,” ujar Kepala Dinas Pertanian Mochtar Effendi, kemarin. Dari hasil sidaknya, pihaknya mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu saat ingin membeli daging di pasar tradisional.
Apalagi Dinas Pertanian telah secara rutin memantau terhadap kondisi daging yang dijual di pasaran. “Bahkan sejak di penjagalan kami sudah meminta mantri hewan untuk mengawasi kesehatan hewan yang akan dijual,” ujarnya.
Pihaknya juga meminta jika memang ada masyarakat yang menemukan indikasi kecurangan dapat segera melaporkan. Dengan demikian hal tersebut dapat ditindaklanjuti secara cepat.
Sementara itu, terkait stok daging, Mochtar menyebutkan, sekarang ini untuk di Kabupaten Pati relatif aman. Bahkan, imbuhnya, populasi hewan pedaging ataupun hasil pertanian untuk kebutuhan Pati sangat melimpah. 


Sumber Berita : https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/92845/dinas-pertanian-pastikan-kondisi-daging-aman