Cari Blog Ini

Jumat, 08 Juni 2018

Disiapkan 59 Boks Pengambilan di Sepanjang Saluran Air Baku Klambu-Kudu

GROBOGAN- Dalam paket pengerjaan revitalisasi saluran air baku SAB Klambu-Kudu, BBWS telah menyiapkan 59 titik boks pengambilan air baku secara sosial. Boks sebagai suplai kebutuhan air baku yang diberikan secara cuma-cuma diperuntukan keperluan rumah tangga warga disekitar saluran.
Kepala BBWS Pemali Juana Rubhan Ruzziyatno mengatakan pembangunan 59 boks upaya mengatasi pencurian air baku di sepanjang SAB Klambu-Kudu. Dengan diberikan boks, pengambilan air baku secara sosial tersebut dapat terkendalikan.
‘’Jadi setelah selesai pengerjaannya nanti, ada 59 boks yang dapat digunakan warga setempat untuk keperluan rumah tangga. Selain untuk keperluan rumah tangga tidak diperkenankan untuk mengambil di boks tersebut. Kalau untuk persawahan pemerintah sudah menyediakan di jaringan irigasi bukan SAB,’’ katanya, kemarin.
Selama ini banyak pencurian air baku di sepanjang SAB Klambu-Kudu. Selain keperluan rumah tangga, pengambilan air baku yang dicuri tersebut untuk mengaliri persawahan. Padahal, air baku hanya boleh digunakan untuk keperluan rumah tangga.
Perwakilan Perum Jasa Tirta, Sucipto saat meninjau pengerjaan revitalisasi SAB Klambu-Kudu, belum lama ini mengatakan pihaknya sudah menginventarisasi titik-titik pencurian air baku di saluran tersebut.
Pihaknya secara rutin melakukan patroli untuk mencegah pencurian air baku tersebut. ‘’Selama ini, pengambilan air baku untuk keperluan rumah tangga diperbolehkan. Setelah jadi nanti, warga hanya bisa mengambil air baku untuk keperluan rumah tangga di boks-boks yang telah disediakan, sehingga dapat lebih tertib,’’ jelasnya.
Menurutnya, akibat pencurian air baku tersebut pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp 1.693.440 perbulannya. Dia berharap dengan adanya boks untuk sosial tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat pencurian air baku di sepanjang SAB Klambu-Kudu.
‘’Selama ini sulit dibedakan antara untuk keperluan rumah tangga dan persawahan. Kami sudah menghitung berapa kebutuhan untuk Kudu dan masyarakat di sepanjang SAB Klambu-Kudu ini,’’ ujarnya didampingi Hadi Riwanto, konsultan proyek Revitalisasi SAB Klambu Kudu. 


Sumber Berita : http://www.wawasan.co/home/detail/4538/Disiapkan-59-Boks-Pengambilan-di-Sepanjang-Saluran-Air-BakuKlambu-Kudu