PILPRES PILLEG 2019 Bhinneka_Tunggal_Ika

Cari Blog Ini

Rabu, 06 Juni 2018

Gerakan Stabilisasi Harga Pangan Dimaksimalkan

PATI - Mendekati Lebaran yang hanya tinggal beberapa hari lagi, tren kenaikan harga kebutuhan pokok mulai diantisipasi. Bulog Sub Divre Pati bahkan tengah memfokuskan gerakan stabilisasi harga pangan. Wakil Kepala Bulog Subdivre Pati Yanto Nurdiyanto mengatakan, gerakan itu bahkan telah dilakukan sejak awal Mei lalu dengan mengoptimalkan penyaluran beras medium CPP di bawah harga eceran tertinggi (HET) Peraturan Menteri Perdagangan. Lebih dari itu upaya pasar murah juga terus dilakukan.
Bahkan selain menggelontorkan beras yang menjadi andalannya, Bulog turut menyalurkan sejumlah kebutuhan pokok seperti minyak, gula ataupun daging beku. “Tentu untuk harga yang dipasarkan semuanya pun berada di bawah HET,” terangnya.
Dia pun memastikan jika stok kebutuhan yang ada di Bulog sangat aman. Untuk beras medium bahkan diakuinya masih mencukupi hingga 4,7 bulan ke depan. Dengan total cadangan sebanyak 16.694 ton.
“Pengadaan pun masih terus dilakukan apalagi sebentar lagi akan masuk masa panen. Adapun untuk penyaluran hanya di bansos,” ujarnya.
Tak hanya beras, untuk barang kebutuhan pokok lainnya juga masih mencukupi. Seperti daging kerbau beku masih tersedia 1.300 kilogram, minyak goreng 19.464 liter, gula sembilan ribu ton, dan tepung enam ribu kilogram.
“Namun itu sifatnya untuk menstabilkan harga. Jika dibutuhkan maka barang tersebut bisa digunakan untuk operasi pasar agar dapat menekan harga,” imbuhnya. Bulog kini pun telah memiliki terobosan dengan keberadaan rumah pangan kita (RPK).
RPK diketahui sebagai mitra Bulog untuk menyalurkan sejumlah barang kebutuhan pokok tersebut. Dengan adanya RPK diharapkan jarak jangkau masyarakat yang ingin mendapatkan bisa lebih dekat.
“Untuk di Pati sendiri sudah ada lebih dari 200-an RPK. Di sana mereka juga menjual seperti beras, minyak, gula, dan daging beku. Bedanya harganya telah sesuai dengan patokan dari kami yang tentu berada di bawah HET,” tambahnya.


Sumber BErita :   https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/92849/gerakan-stabilisasi-harga-pangan-dimaksimalkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini