Cari Blog Ini

Senin, 25 Juni 2018

Hari Ini Distribusi Logistik Pilgub dan Pilbup Dimulai

KUDUS – Distribusi logistik pemilihan gubernur (pilgub) dan pemilihan bupati (pilbup) dimulai hari ini (25/6). Logistik Pilkada Serentak 27 Juni 2018 akan bergeser dari gudang KPU Kudus menuju panitia pemilu kecamatan (PPK), selanjutnya sampai tingkat tempat pemungutan suara (TPS).
Komisioner KPU Kudus Eny Misdayani mengatakan, untuk distribusi logistik akan dimulai hari ini (25/6) ke PPK. Selanjutnya pada 26 Juni bergeser ke panitia pemungutan suara (PPS) atau di tingkat desa. ”Kami lakukan serentak dan berjenjang,” katanya kemarin.
Dari tingkat PPS, logistik pemilu akan didistribusikan ke tingkat TPS, sebelum pukul 07.00 harus sudah terdistrbusi ke 1.491 TPS yang ada di Kudus. Tahapan tersebut sudah dipersiapkan oleh pihaknya, termasuk dari sisi armada juga sudah disiapkan.
”Untuk proses penyegelan sudah dilakukan sejak Sabtu dan hari ini (kemarin, Red). Besok (hari ini, Red) proses distribusi sudah bisa dilakukan karena penyegelan juga sudah rampung,” ungkapnya.
Proses pengamanan distribusi juga sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait, termasuk kepolisian. Pengamanan menjadi vital untuk logistik, sehingga menjadi prioritas.
Untuk sisa surat suara, rencananya akan dimusnahkan pada 26 Juni malam. Pemusnahan sisa surat suara disaksikan oleh Panwaslu, polres, paslon atau tim sukses. ”Semua kami lakukan sesuai regulasi yang ada,” ujarnya.
Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengatakan, untuk pengamanan logistik atau surat suara sudah dilakukan sejak awal. Pertama sejak proses distribusi surat suara dari perusahaan percetakan ke kantor KPU Kudus. ”Distribusi juga menjadi kewajiban kami,” jelasnya.
Untuk distribusi nantinya akan dilakukan pengamanan pihak kepolisian sampai tingkat TPS. Sehingga proses distribusi diharapkan berjalan dengan baik dan pilkada berjalan dengan aman dan kondusif.



Sumber Berita :   https://radar.jawapos.com/radarkudus/read/2018/06/25/82830/hari-ini-distribusi-logistik-pilgub-dan-pilbup-dimulai