Cari Blog Ini

Senin, 25 Juni 2018

Ki Sigid Sosialisasi Pembangunan di Kota Samin

BLORA– Ki Sigid Aryanto dalang kondang asli Rembang menjadi pengisi acara sosialisasi hasil pembangunan Kabupaten Blora tahun 2017-2018 kemarin malam. Berbagai informasi tentang pembangunan infrastruktur seperti, jalan, jembatan, taman kota, gedung pelayanan masyarakat hingga pembangunan di kawasan lapangan terbang Ngloram disampaikan secara gamblang di hadapan masyarakat.
Rencana pagelaran serupa akan di laksanakan di setiap 16 kecamatan di kabupaten setempat. Sebab cara seperti ini dinilai efektif dan komunikatif. Acara yang dipelopori oleh pemerintah Kabupaten Blora, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) ini berjalan sukses. Ribuan masyarakat membanjirinya hingga selesai.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora, Sugiyono, mengatakan selain untuk memberi hiburan kepada warga masyarakat, sosialisasi lewat pagelaran wayang kulit ini juga dinilai efektif dan komunikatif. “Acara ini adalah hasil sinergi antara Dinkominfo, Pemkab dan DPRD Blora. Tanggal 29 Juni 2018 nanti, juga akan digelar wayang kulit dengan agenda yang sama di kompleks pasar Kecamatan Randublatung,” terangnya.
Dia menambahkan, pagelaran wayang kulit kali ini menampilkan dalang Ki Sigid Ariyanto dari Kabupaten Rembang. Yaitu dengan mengambil lakon Semar Bangun Kahyangan. Dia Selain itu dihibur oleh pelawak lokal asal Kecamatan Cepu serta pesinden yang tergabung dengan Sanggar Seni Cakraningrat pimpinan Sigid Ariyanto.
“Siapa saja bisa memanfaatkan pertunjukan wayang kulit untuk berbagi sosialisasi. Kami harapkan tidak hanya sebagai tontonan, tetapi juga sebagai tuntunan, serta diapresiasi masyarakat khususnya terkait capaian dan rencana pembangunan,” katanya.
Sekda Blora Komang Gede Irawadi, mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho juga mengapresiasi dan mendukung terselenggaranya acara pelestarian seni tradisi tersebut.  Dia meminta, agar acara yang sama digelar di setiap kecamatan. “Kami berharap, acara yang sama digelar di 16 Kecamatan. Tidak hanya di dua kecamatan saja. Ini merupakan upaya pelestarian seni tradisi. Ini juga sangat menarik, karena pertunjukan wayang kulit digelar di hotel,” ucapnya.
Pagelaran wayang kemarin dimulai pukul 20.30. Ditandai dengan penyerahan tokoh wayang Semar oleh Sekda Blora Komang Gede Irawadi kepada Ki Dalang Sigid Ariyanto. Penyerahan sendiri didampingi Kepala Dinkominfo Sugiyono, Anggota DPRD Blora Siswanto dan Forkopimca Cepu.
Dalam acara itu, Anggota DPRD Blora, Siswanto yang hadir ikut menyumbangkan lagu pada acara limbukan. Dia mengaku baru kali pertama selama empat tahun menjadi anggota DPR, melihat ribuan warga Cepu dan sekitarnya yang antusias menonton wayang kulit. “Selamat kepada Dinkominfo dan Pemkab Blora atas susksesnya acara ini,” ujarnya.


Sumber Berita : https://radar.jawapos.com/radarkudus/read/2018/06/25/82810/ki-sigid-sosialisasi-pembangunan-di-kota-samin