Cari Blog Ini

Selasa, 19 Juni 2018

Lebaran di Gua Terawang Kali Ini Tanpa Greget

BLORA – Suasana Lebaran di wanawisata alam (WWA) Gua Terawang tidak seramai dan sepadat Lebaran tahun lalu. Jika Idul Fitri sebelumnya pengunjung padat membludak, Lebaran 2018 ini, pengunjung tidak sampai 5.000 orang.
Padahal di kompleks Gua Terawang, hasil pantauan wawasan.co ada panggung hiburan  musik live dang dut dengan  artis Trio Jarang Goyang (Jakarta), dan H Herry Irama (adik kandung Rhoma Irama) yang ternyata kurang mampu menyedot pengunjung.
Saat perawayaan Idul Fitri tahun sebelumnya, WWA milik Perum Perhutani di tengah hutan jati Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Blora itu, menjadi magnet massa Lebaran di Blora, dipadati pengunjung lebih dari 10.000 orang
“Lebaran ini Gua Terawang tidak seramai dan sepadat Lebaran tahun lalu, perkiraan kami pengujungnya tidak sampai 5.000 orang,” jelas Kapolsek Todanan AKP Siswanto, Senin (18/6).
Meski demikian, jajaran Polres didukung TNI Kodim Blora, Satpo PP, dan institusi terkait, tetap melakukan pengamanan untuk memberi rasa aman warga berbagai penjuru yang berlebaran di Gua Terawang itu. “Hiburan Lebaran konser dang dut berlangsung aman, tertib, dan lancar,” tandas AKP Siswanto.
EO Asal Demak
Diperoleh keterangan, pengunjung yang dikenai harga tanda masuk (HTM) Rp 20.000 perorang, lebih banyak datang pada Lebaran kedua Sabtu (16/6),  dan Lebaran ketiga Minggu (17/6). Lebaran pertama, Jumat (15/7), tidak ada panggung hiburan.
Meski tampak kurang grengseng, massa yang datang ke WWA Gua Terawang berasal dari Blora sendiri, Pati, Grobogan, Rembang, dan sekitarnya. Kebanyakan pengunjung datang untuk berdangdut ria.
Sedangkan pengunjung yang datang untuk rekerasi masuk ke Gua Terawang kebanyakan bersama keluarga, teman, dan kerabatnya untuk masuk melihat dari dekat mulut dua hingga ke dalam perut gua itu.
Sebelumnya, objek wisata tersebut sudah dibenahi untuk persiapan Lebaran oleh pihak pengelola (EO) asal Demak. Jalan masuk tampak lebih bersih, kanan-kiri pintu masuk gua dipercantik, dan tampak lebih hidup. 
Di Blora, selain Gua Terawang juga ada lokasi wisata Lebaran di Waduk Tempuran, Taman Tirtonadi, Taman Sarbini, dan Wana Wisata Hutan Jati Alam Gubug Payung yan baru diresmikan penggunannya.
Namun objek-objek wisata itu, masih kalah populer dibanding Gua Terawang, sehingga obyek wisata berjarak sekitar 2,5 kilomter utara Pabrik Gula (PG) milik PT GMM-Bulog, Lebaran kali ini masih jadi magnet pengunjung.


Sumber Berita :  http://www.wawasan.co/home/detail/4671/Lebaran-di-Gua-Terawang-Kali-Ini-Tanpa-Greget