Cari Blog Ini

Senin, 25 Juni 2018

Liburan Usai, Jumlah Wisatawan Tetap Tinggi

JEPARA-– Jadwal reguler penyeberangan kapal dari Jepara menuju Karimunjawa maupun sebaliknya kembali diberlakukan kemarin. Selama libur Lebaran, sejak 8 Juni hingga 23 Juni diberlakukan tambahan penyeberangan. Tercatat kapasitas KMP Siginjai dan KMC Expres Bahari mencapai 14.730 penumpang selama libur Lebaran.
Walaupun telah kembali ke jadwal reguler, jumlah wisatawan ke Karimunjawa tetap tinggi. Hingga kemarin jumlah penumpang KMC Expres Bahari tujuan Karimunjawa sekitar 300 orang. Penumpang didominasi wisatawan. Pada jam reguler atau hari biasa, jumlah penumpang hanya 200 orang. Jumlah itu antara wisatawan dan penumpang penduduk lokal atau pekerja perbandingannya imbang.
Pada libur Lebaran, KMC Expres Bahari melayani perjalanan pulang pergi. Begitu juga dengan KMP Siginjai. Hal itu dikarenakan lonjakan pengunjung ke Karimunjawa. Wisatawan datang dari dalam maupaun luar kota. Bahkan sejak H+1 lebaran, lahan parkir dermaga Pantai Kartini tidak mampu menampung lonjakan pengunjung. Parkir kendaraan mengular sampai satu kilomater.
Staf Oprasional KMP Siginjai Jepara Susianto mengatakan, di hari ketujuh paska Lebaran jumlah penumpang masih mengalami peningkatan dari hari biasa. Disebutkannya, jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan pada hari itu pukul 06.20 dari Pelabuhan Pantai Kartini Jepara sebanyak 311 orang. Jumlah tersebut meningkat dibanding hari-hari biasa sejumlah 200an orang. "Peningkatan dimulai setelah Lebaran, pemberangkatan ada 311 didominasi turis lokal," ujarnya.
Hal Senada juga dikatakan Kepala Cabang KMC Express Bahari, Sugeng Riyadi. Dia mengungkapkan, tiket KMC Express Bahari saat libur Lebaran sudah ludes terjual sebelum hari H. Kebanyakan tiket tersebut didapatkan para calon penumpang melalui online, dengan begita calon penumpang tinggal menunjukkan tiket yang telah diprint kepada petugas di pelabuhan saat check-in. Dua armada KMC Express Bahari yang beroperasi ini, kata Sugeng mampu mengangkut 751 orang, dengan masing-masing kapal memiliki daya angkut sebanyak 400 seat dan 351 seat. "Kami sudah buka paket satu bulan sebelumnya, jadi kalau sampai sini (pelabuhan-red) penumpang tinggal check-in saja dengan menunjukkan tiket yang sudah diprint. Jadi kalau penjualan hari H sudah tidak ada lagi," ungkapnya.



Sumber Berita :  https://radar.jawapos.com/radarkudus/read/2018/06/25/82841/liburan-usai-jumlah-wisatawan-tetap-tinggi