ASIANPARAGAMES2018 asianparagames2018 ASIANPARAGAMES2018

Cari Blog Ini

Jumat, 08 Juni 2018

Miliki E-Library, Perpusda Kudus Jadi Rujukan Bojonegoro

KUDUS-Di era digitalisasi sekarang, semua pelayanan publik dipermudah dengan elektronik. Sepeti halnya e-library yang dimiliki Perpusda Kudus. Inovasi tersebut pun menjadi rujukan dari Perpusda Bojonegoro. Pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bojonegoro melakukan kunjungan studi banding ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus kemarin.
Anik Yuliarsih, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bojonegoro mengaku, tertarik mengunjungi Dinas Arpusda Kabupaten Kudus karena letak wilayah dan lokasinya hampir ada kemiripan. Mulai dari luas wilayah dan kapasitas ruang di dalamnya. Terlebih lagi menyoroti dalam hal inovasi e-library yang dimunculkan.
 Dalam kunjungan kali pertamanya ke Perpusda Kudus, mereka bersama rombongan datang sekitar pukul 08.00. Setelah mendapat penerimaan dan mengikuti acara seremonial di aula Perpusda, mereka mengamati beberapa aspek. Mulai ruang baca perpustakaan, aplikasi e-library, gedung kearsipan, tata letak lokasi penempatan ruang administrasi, hingga sarana prasarana di dalamnya.
”Ada beberapa masukan yang akan kita adopsi. Terutama e-library. Di sini sudah menerapkan
aplikasi Senayan Library Management System (Slims),” ucapnya.
Ditambahkan, pada aplikasi Slims ini bisa menjawab masalah urusan kepustakaan. Mulai dari  input bibliography, input data eksemplar, input data anggota pustaka hingga proses cetak kartu anggota, kartu katalog dan cetak pelaporan. Dan itu tersambung dengan perpustakaan sekolah-sekolah.
Pihaknya berharap dengan kunjungan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan baru. Tentunya secara bertahap akan diterapkan di Perpusda Bojonegoro. Selain itu mereka juga datang bersama perwakilan dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro. Yakni dengan mempelajari bagaimana cara pemanfaatan lahan yang bagus di lingkungan Perpustakaan daerah.




Sumber Berita :   https://radar.jawapos.com/radarkudus/read/2018/06/08/80028/miliki-e-library-perpusda-kudus-jadi-rujukan-bojonegoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini