PILKADES SERENTAK KAB. PATI 2018

Cari Blog Ini

Rabu, 06 Juni 2018

Mudik Bersama, Pemkab Sediakan Delapan Bus

PATI - Lebaran tahun ini Pemkab menyediakan delapan bus bagi warganya yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jadebotabek). Mereka adalah para urban yang selama ini bekerja di sejumlah wilayah tersebut.
Untuk bisa mudik bersama, kata Hartono selaku koordinator dari Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) di Jakarta, syaratnya harus ber-KTP Pati.
Pendaftaran yang dibuka pertengahan April hingga Mei lalu, mencatat 1.300 warga Pati yang hendak mudik ke kampung halaman. Terbatasnya bus pengangkut yang tersedia, pihaknya hanya bisa menampung 400 pemudik, karena tiap bus maksimal dengan 50 tempat duduk.
Karena itu pemudik lainnya diarahkan ke koordinator lain yang masih mempunyai alokasi bus angkutan mudik, termasuk dengan Paguyuban Jawa Tengah.
Sebab, sejak 1995 dia juga tergabung dalam paguyuban itu sehingga masih bisa memberi tempat duduk untuk 75 pemudik dari bus pengangkut yang disediakan Bank Jateng.
‘’Akan tetapi, mereka harus bergabung dengan para pemudik dari Blora, karena bus pengangkut itu dari Jakarta lewat Pati,’’ ujarnya.
Tengah Malam
Selain itu, lanjut Hartono asal Desa Sarirejo, Kecamatan Kota Pati yang sudah bertahun-tahun mengelola kegiatan mudik bersama bagi warga daerahnya, dia juga mencarikan bus pengangkut mudik bersama.
Mereka harus bergabung dengan pemudik lain yang seluruhnya menuju ke Surabaya, tapi juga lewat Pati. Bus pengangkut rombongan itu disediakan Bank Tabungan Negara (BTN) dan ada pula rombongan yang diarahkan ke Kementerian Perhubungan.
Khusus rombongan pemudik dengan bus yang disediakan pemkab, dijadwalkan berangkat dari tempat berkumpul di Museum Purna Bakti Pertiwi, Minggu (10/6) dengan toleransi jam keberangkatan maksimal pukul 10.00. Dengan demikian, jika tidak ada gangguan dalam perjalanan pada tengah malam rombongan akan tiba di Pati.
Untuk para pemudik asal Pati lainnya, banyak yang dijadwalkan berangkat pada hari sama, khusus rombongan dari koordinator lain dia belum mendapat informasi.
Menjawab pertanyaan, Hartono menambahkan, kian bertambahnya rombongan pemudik para urban dari Pati tiap tahun karena informasi tersebut sudah tersebar merata di wilayah Jadebotabek.
‘’Harapan kami dan tentu para urban, mudah-mudahan tahun depan bus untuk mudik bersama yang disediakan Pemkab dapat bertambah.’’ 


Sumber Berita :  https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/92848/mudik-bersama-pemkab-sediakan-delapan-bus
close
Banner iklan disini