Cari Blog Ini

Sabtu, 09 Juni 2018

Pati Targetkan 10 Besar di Porprov

PATI - Puluhan atlet dari 11 cabang olahraga (cabor) asal Pati bakal tiba ke Surakarta lebih awal dari jadwal Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018.
Mereka dijadwalkan sampai ke Solo bulan depan. ”Rombongan 11 cabang olahraga Pati ke Surakarta untuk mengikuti uji coba (try out). Rencananya try out digelar 14-15 Juli,” ujar Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Pati Supar, kemarin.
Cabang olahraga tersebut meliputi panahan, senam, futsal, bulu tangkis, yongmoodo, sepatu roda, bridge, tenis meja, whusu, renang, dan tarung derajat.
Ajang try out untuk mematangkan kesiapan atlet menjelang pelaksanaan event resmi. ”Try out sangat baik untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan atlet. Sekaligus mengasah mental bertanding mereka,” katanya.
Dia mengatakan, Kabupaten Pati serius mengupayakan kenaikan peringkat dalam Porprov Jateng. Target Bumi Mina Tani dalam ajang multievent empat tahunan kali ini menduduki peringkat 10. Pada Porprov sebelumnya, Bumi Mina Tani menempati urutan 11 dalam perolehan medali.
Kabupaten Pati mematok target realistis untuk Porprov tahun ini, yakni naik satu peringkat. Jika dalam Porprov Jateng di Banyumas pada 2013, Pati mendulang 18 emas, 15 perak, dan 18 perunggu, maka ke depan ditarget lebih banyak.
Supar menyebut, daerahnya perlu mengumpulkan paling sedikit 20 medali emas jika ingin masuk peringkat 10 besar. ”Patokan utama ada di medali emas. Jadi, kami tekankan ke semua cabang olahraga agar meraih emas. Itu bukan berarti mengesampingkan medali perak dan perunggu,” lanjutnya.
Dari daftar perolehan medali Porprov Jateng 2013, Pati kalah bersaing dengan dua daerah tetangga. Kabupaten di wilayah eks-Karesidenan Pati, yakni Kudus dan Grobogan berada di peringkat enam dan empat.  


Sumber Berita :  https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/94118/pati-targetkan-10-besar-di-porprov