Cari Blog Ini

Senin, 25 Juni 2018

Pembangunan Pasar Kota Ditaksir Telan Anggaran Rp 85 Miliar

REMBANG– Rencana pemindahan Pasar Kota Rembang di eks pasar hewan, Sumberjo, terus berjalan. Terbaru, pemkab telah merampungkan penyusunan Detail Engineering Design (DED) hingga proses pengadaan tanah. Proyek pasar semi modern tersebut ditaksir menelan anggaran sekitar Rp 85 miliar.
Kepada Bidang Bina Pasar Isnan Suprayoga menyebutkan, tahapan ini pembangunan pasar berlangsung pada tahun 2019. Adapun anggarannya ditaksir mencapai Rp 85 miliar. Pihaknya ingin proyek terbesar di Rembang dan di Jateng tersebut berjalan dengan baik.
”Ini proyek paling besar di Kabupaten Rembang. Bahkan di Jateng. Jadi butuh pemikiran yang luar biasa,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Kudus baru-baru ini.
Menurutnya, pemindahan pasar memang mendesak. Mengingat kondisinya overload dipenuhi pedagang hingga meluber di tengah jalan. Makanya jalan satu-satunya lokasi lama harus dipindah yang lebih representatif.
”Pemkab kebetulan sudah ada sebagian tanah di lokasi baru. Cuma masalah kekurangan tanah kita belum koordinasi dengan bagian desainya,” terangnya.
Namun begitu, yang pasti terkait proses pengadaan tanah yang tengah berjalan tersebut, Pemkab tidak sendirian. Namun melibatkan appraisal sehingga sangat independen. Intinya ke depan ada basement dengan tingkat dua.
“Jadi alur keluar masuk sudah ditata sedemikian rupa. Ini setelah belajar pengalaman studi banding dilakukan pasar Rejowinangun, Magelang. Semua yang basah berada di bawah dan kering ditempatkan diatas,” jelasnya.
Dia menambahkan, lahan tanah memang harus di tambah. Sehingga saat ini perlu koordinasi dengan warga sekitar Sumberjo. “Luasnya sekitar 2.282 hektare,” paparnya.



Sumber Berita :   https://radar.jawapos.com/radarkudus/read/2018/06/25/82814/pembangunan-pasar-kota-ditaksir-telan-anggaran-rp-85-miliar