Cari Blog Ini

Senin, 25 Juni 2018

Pemkab Blora Bekali Perantau Keterampilan

BLORA, – Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Blora, Suryanto mengatakan, fenomena boro dimana warga Blora bekerja merantau setelah Lebaran dinilai lumrah dan terjadi hampir setiap tahun. Untuk membantu mereka, pihaknya memberi bekal pelatihan keterampilan yang dibutuhkan.
‘’Biasanya itu terjadi setelah ada saudara atau tetangga yang pulang kampung saat Lebaran. Mereka menceritakan mudahnya mencari uang di kota lain, sehingga warga lain atau anggota keluarganya tergiur ingin mengikuti jejaknya. Mereka kemudian berangkat bersama-sama setelah Lebaran,’’ ujar Suryanto kemarin.
Namun dia mengingatkan sebaiknya para perantau membekali diri dengan keterampilan yang dibutuhkan lapangan kerja di daerah lain. ‘’Kami kerap menggelar pelatihan keterampilan bagi warga Blora. Mudah-mudahan keterampilan itu juga bisa menjadi bekal bagi perantau untuk mengadu nasib keluar kota,’’ katanya.
Suryanto mengakui banyak lapangan pekerjaan di luar daerah dengan gaji lebih besar daripada bekerja di Blora. Potensi warga ikut merantau ini sudah terlihat sejak Ramadan. ‘’Saat itu mulai banyak warga yang meminta kartu kuning ke kantor kami di Dinperinaker. Kartu tersebut sebagai pengantar untuk masuk pekerjaan baru,’’ ungkapnya.
Kabid Pencatatan Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Blora, Agus Listiyono mengatakan, setelah libur Lebaran banyak warga Blora mengurus dokumen administrasi kependudukan. Baik memperbarui dokumen mau pun mengurus dokumen baru.



Sumber Berita :  https://www.suaramerdeka.com/news/baca/97207/pemkab-blora-bekali-perantau-keterampilan