PILKADES SERENTAK KAB. PATI 2018

Cari Blog Ini

Rabu, 06 Juni 2018

Pesantren Kilat, Tangkal Kenakalan Remaja

REMBANG - Sebagaimana kegiatan rutin tahunan setiap Bulan Ramadan, SMP 1 Kaliori tahun ini kembali menggelar pesantren kilat. Yang membedakan dengan kegiatan tahun lalu, pesantren kilat tahun ini difokuskan sebagai penangkal kenakalan remaja.
Maklum saja, kenakalan remaja di Kabupaten Rembang belakangan cukup menjadi perhatian. Bahkan, beberapa waktu lalu disebut ditemukan kasus penyalahgunaan narkoba oleh siswa kelas 2 SMP.
Berangkat dari hal itu, SMP 1 Kaliori tahun ini memanfaatkan momen pesantren kilat untuk memantapkan mental siswa agar tidak terbujuk pada godaan kenakalan remaja. Bekal spiritual diberikan dengan menggandeng petugas KUA Kaliori.
Secara berturut-turut mulai tanggal 2-6 Juni, seluruh siswa difokuskan berada di sekolah hingga sore hari. Mereka mendapatkan pendalaman materi keagamaan, terutama berkaitan dengan cara menangkal kenakalan remaja.
Mereka diminta lebih peka menggunakan hati nurani daripada nafsu. Sekolah mencoba mengolaborasikan pembekalan materi keagamaan dengan sosialisasi bahaya kenakalan remaja untuk mendapatkan hasil yang efektif.
Selain mendapatkan ceramah, siswa juga disuguhi berbagai dampak kenakalan remaja melalui poster, salah satunya bahaya penggunaan narkoba.
Cukup Efektif
Pembekalan materi keagamaan dengan melibatkan pihak luar sekolah ternyata cukup efektif. Para siswa berebut melontarkan pertanyaan untuk para pemateri, terutama terkait persoalan puasa Ramadan.
”Kegiatan Ramadan kali ini kami bagi dalam dua sesi berbeda. Sesi pertama untuk kelas VII, dan sesi kedua siswa kelas VIII.
Kami fokuskan, momen Ramadan ini, untuk membekali siswa agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja,” terang Waka Kesiswaan SMP1 Kaliori, Wijanarto. Ia menyebutkan, upaya lain untuk menangkal kenakalan remaja dengan meningkatkan intensitas pengawasan terhadap barang bawaan.   


Sumber Berita : https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/92820/pesantren-kilat-tangkal-kenakalan-remaja

close
Banner iklan disini