Cari Blog Ini

Rabu, 06 Juni 2018

PJU Padam selama Empat Malam, Pusat Kota Gelap

JEPARA-Jalan utama di Kota Jepara dalam kondisi gelap sejak Sabtu (2/6) hingga pukul 19.00 petang kemarin malam. Sekitar pukul 19.15 lampu PJU di sekitar Jalan Pemuda telah menyala. Artinya PJU telah diperbaiki.
Sebelumnya Penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Wachid Hasyim, Jalan Pemuda, Dan Jalan Kartini padam. Akibat kerusakan. Sebanyak 80 PJU di sepanjang jalan tersebut padam. Selama empat malam PJU padam, belum ada tanda-tanda perbaikan.
Hal serupa sebelumnya juga terjadi di Jalan Pemuda. Kondisi Jalan Pemuda Jepara pada Kamis (24/5) malam PJU di ruas jalan tersebut padam. Dari pantauan Jawa Pos Radar Kudus, pada Kamis (24/5) malam PJU yang berada di sisi kanan dan kiri jalan padam. Delapan lampu di sisi selatan jalan dalm kondisi kedip. Padamnya PJU tersebut karena terjadi  kerusakan pada kontaktor. Sehingga sebagian lampu padam dan delapan lampu lainnya dalam kondisi kedip.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara Deni Hendarko melalui Kabid Lalu Lintas Jalan Soleh Sudarsono mengakui hal tersebut. Pihaknya mengungkapkan, PJU di jalan tersebut sering mengalami kerusakan. Setelah kerusakan kontaktor, kali ini terjadi kerusakan pada Kilo Watt Hour (KWH) meter PJU. “Kemungkinan ada dampaknya pada lampu. Beberapa ada yang rusak,” ujarnya.
Soleh manambahkan, pihaknya telah menyampaikan kerusakan tersebut kepada PLN agar diganti. Namun jika Kwh diganti, belum tentu semua lampu bisa hidup. Sehingga perlu perbaikan pada PJU. “Jika sudah diganti. Beberapa lampu ada yang bisa hidup ada yang mati. Kerena terkena dampak KWH yang terbakar jadi rusak,” ujarnya.
Kendala dalam perbaikan PJU ada pada sarana penunjang. Mobil skylift yang dimiliki Dishub sedang rusak. Sehingga petugas menggunakan tangga manual dan mobil pikap. “Dalam perbaikan PJU, petugas nekat menggunakan tangga yang disangga pikap. Tapi beberapa waktu yang lalu, pernah kejadian ada angin kencang dan hampir terpeleset. Kami memutuskan cara tersebut dihentikan. Nyawa lebih utama,” paparnya.


Sumber BErita :  https://radar.jawapos.com/radarkudus/read/2018/06/06/79358/pju-padam-selama-empat-malam-pusat-kota-gelap