Cari Blog Ini

Rabu, 06 Juni 2018

Siswa SLB Pati Adu Kebolehan Lantunkan Adzan

PATI-Margorejo – Meski tergolong berkebutuhan khusus, yakni tuna grahita, namun siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) di Pati adu kebolehan melantunkan adzan. Lantunan adzan dari mereka adalah salah satu rangkaian pesantren kilat Ramadhan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SLB Pati, Selasa-Rabu (5-6 Juni 2018).
Ketua panitia pesantren kilat, Ali Sadikin, mengatakan lomba adzan ini diikuti empat siswa dari SLB Pati. Mereka siswa laki-laki dari kelas 4 SDLB hingga usia SMA.
“Dari kelas C dimana siswa dari tuna grahita, empat siswa itu dinilai dari pelafadzan, keindahan suara, dan etika atau sikap ketika mengumandangkan adzan,” ungkapnya.
Dari pengamatannya, masih banyak kekurangan dari peserta, dari sisi pelafadzan dan urutan masih banyak kekurangan.
“Meski kami berkebutuhan khusus, tapi kita sama diciptakan Allah, ingin menunjukkan kami mampu, meski tidak sehebat anak umum. Contoh melantunkan adzan, lomba membaca surat pendek, wudhu dan sholat,” ungkap Ali. 
Secara tidak langsung, melalui lomba Mengumandangkan adzan kali ini bertujuan melatih pelajar tuna grahita untuk bersosialisasi dengan masyarakat.
Pesantren kilat Ramadhan dari MKKS SLB Pati ini diikuti 75 pelajaran berkebutuhan khusus yang bertempat di gedung sekolah setempat.


Sumber Berita :  http://wartapati.com/siswa-slb-pati-adu-kebolehan-lantunkan-adzan/