Cari Blog Ini

Kamis, 05 Juli 2018

Di Grobogan Ada 36 SMP Negeri Kekurangan Siswa

Grobogan – Tidak terpenuhinya kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 untuk siswa SMP di Grobogan ternyata tidak hanya dialami sekolah swasta saja. Kondisi serupa juga dialami puluhan SMP negeri di Kabupaten Grobogan. Jumlah SMP negeri di Grobogan ada 52 sekolah yang tersebar di 19 kecamatan. Dari jumlah ini, hanya ada 16 SMP negeri yang kuota PPDB 2018 bisa terpenuhi.
Sedangkan 36 SMP negeri lainnya, jumlah pendaftarnya masih di bawah kuota atau daya tampung yang disediakan. SMP negeri yang kuota PPDB nya tidak tercapai itu tersebar merata di semua kecamatan. Termasuk di antaranya adalah 2 SMP negeri di Kecamatan Purwodadi. Yakni, SMPN 5 dan SMPN 7.
Kurangnya pendaftar di 36 SMP negeri itu jumlahnya tidak sama. Paling sedikit, ada yang kuotanya kurang 1 siswa saja dan terbanyak kurang 84 pendaftar. Secara keseluruhan, pendaftar di 36 SMP negeri kurang 1.256 siswa dari kuota yang disediakan.
Kepala Dinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat ketika dimintai komentarnya membenarkan jika daya tampung SMP negeri tidak semuanya terpenuhi.
“Dari 52 SMP negeri yang kita miliki hanya 16 sekolah yang kuotanya tercapai 100 persen. Lainnya, sebanyak 36 sekolah, kuotanya masih belum tercapai,” jelasnya, Rabu (4/7/2018).
Menurut Amin, adanya SMP negeri yang kuota PPDB nya tidak tercapai itu bukan berarti tidak diminati pendaftar. Tetapi, kondisi itu dinilai jika lulusan SD yang melanjutkan sekolah, semuanya bisa tertampung. Baik di sekolah negeri maupun swasta.
Ia menambahkan, jumlah lulusan SD kondisinya berbeda tiap tahun. Beberapa tahun sebelumnya, semua SMP Negeri kuota PPDB bisa tercapai 100 persen karena pendaftarnya lebih banyak dari daya tampungnya.



Sumber Berita :   http://www.murianews.com/2018/07/04/144767/di-grobogan-ada-36-smp-negeri-kekurangan-siswa.html